KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA

Authors

  • Tresnawati Tresnawati
  • Wahyu Hidayat STKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah secara mendalam tentang kemampuan berpikir kritis matematis yang dipengaruhi kepercayaan diri siswa SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Bandung dan sampelnya sebanyak 27 orang yang ditetapkan dengan teknik purposif sampling pada salah satu SMA di Kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis sebanyak 6 butir soal dan skala kepercayaan diri siswa sebanyak 33 skala pernyataan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dipengaruhi positif oleh kepercayaan dirinya sebesar 74,6%, sedangkan 25,4% dipengaruhi oleh faktor selain kepercayaan diri siswa.    Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Kepercayaan Diri     Abstract This study aims to analyze and examine in depth about the students’ mathematical critical thinking ability influenced by self-confidence. The study was designed in the form of experiments using correlational method with quantitative approach. The population in this research is high school students in Bandung and the sample as many as 27 people determined by purposive sampling technique in one of high school in Bandung. The instrument in this research is the test of mathematical critical thinking ability as much as 6 items and the scale of students' self-confidence as much as 33 scale statement. Based on the results and discussion, it is concluded that the students’ mathematical critical thinking ability influenced positively by self-confidence equal to 74.6%, while 25.4% influenced by factors other than student self-confidence.    Kata Kunci: Mathematical Critical Thinking, Self-Confidence

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-31