Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra

  • Taufik Rahman universitas pasundan
  • Jusep Saputra universitas pasundan

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri. Dari definisi tersebut, kemampuan spasial matematis sangat penting untuk dikuasi oleh siswa karena salah satu bidang dalam matematika adalah geometri. Namun kenyataan kemampuan ini masih memerlukan perhatian khusus. Berdasarkan hasil riset dari beberapa peneliti menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi indikator kemampuan spasial yaitu indikator mengidentifikasi dan mengklasifikasikan gambar geometri dan juga indikator membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan spasial matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMKN 4 Kota Bandung, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI. Metode penelitian dari penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan instrumen tes yang digunakan berupa soal kemampuan spasial matematis. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan spasial matematis siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2022
How to Cite
RAHMAN, Taufik; SAPUTRA, Jusep. Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 50-59, july 2022. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/5867>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5867.