Pendekatan Kontekstual Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Induktif

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran Induktif Matematis

Authors

  • widianjani widianjani Universitas Putra Indonesia
  • Indra Rustiawan Universitas Putra Indonesia
  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5796

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Baleendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah  tes kemampuan penalaran induktif matematis. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika memperoleh pendekatan kontekstual dengan  pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-02