ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR SMP BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS

Pemecahan Masalah: Disposisi Matematis,: Materi Aljabar SMP

Authors

  • Neneng Tita Rosita
  • Lia Yuliawati STKIP Sebelas April Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.565

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Dalam belajar matematika seringkali siswa menemukan soal yang tidak dengan segera dapat dicari solusinya, dan siswa diharapkan dapat memecahkan soal tersebut. Disposisi matematis berkaitan dengan bagaimana siswa memandang dan menyelesaikan masalah; apakah percaya diri, tekun, berminat, dan berpikir terbuka untuk mengeksplorasi berbagai alternatif strategi penyelesaian masalah. Tujuan penelitian menghasilkan   penjenjangan   disposisi  matematis dan  mengidentifikasi   kemampuan pemecahan masalah  siswa SMP pada materi  aljabar pada tiap tingkat   disposisi. Metode penelitian ini kualitatif.  Subyek penelitian sebanyak 21 siswa. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah materi aljabar yang telah dirancang berdasarkan indikator pemecahan masalah dengan langkah Polya. serta  wawancara terhadap subyek sebagai triangulasi. Penelitian ini menghasilkan  penjenjangan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah materi aljabar bahwa sebagian besar subjek berada pada tingkat disposisi sedang, subjek disposisi rendah dan disposisi sedang mengalami  kesulitan dalam membaca dan menafsirkan soal, membuat simbol aljabar dan membuat model matematika sehingga tidak dapat memecahkan masalah yang diberikan. Sedangkan subjek disposisi tinggi mampu memenuhi semua indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah meskipun belum sempurna. Subjek  disposisi tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi daripada siswa subjek  disposisi sedang dan disposisi rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-31