Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • Tri Susan Rahayu Arinta Selfara STKIP PGRI Bangkalan
  • Rica Wijayanti STKIP PGRI Bangkalan
  • Ria Faulina STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan peneliti pada saat PLP 2 di SMA N 3 Bangkalan, dimana siswa sering mengalami kebosanan dan ketidaktarikan siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru khususnya pada pelajaran matematika. Hal ini terjadi dikarenakan hilangnya motivasi belajar siswa yang berujung buruk pada hasil belajar siswa. Model pembelajaran Quantum learning berbantu media Roda Putar menjadi pilihan peneliti untuk melakukan uji coba penerapan pada saat pembelajaran sehingga siswa bisa memgikuti pembelajaran dengan model serta media yang berbeda dari sebelumnya yang lebih kreatif. Penelitian ini bertujuant untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Quantum learning berbantu media Roda Putar ditinjau dariĀ  motivasi dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X MIPA SMA N 3 Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar yang berjumlah 15 pernyataan dan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa kelas X MIPA 1 dan 2 dimana ada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai tes dari kelas eksperimen memiliki rata-rata 87,07 untuk kelas kontrol rata-ratanya adalah 54,67. Hasil ini diperoleh dengan menggunak uji normalitas, uji homogentias dan uji hipotesis yang kemudian diolah menggunakan SPSS.21.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 3, 2022
How to Cite
SELFARA, Tri Susan Rahayu Arinta; WIJAYANTI, Rica; FAULINA, Ria. Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 80-88, july 2022. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/5617>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5617.