Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)

Authors

  • Ika Sriyanti STKIP Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5457

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah desain kelompok pretest- posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwadadi. Data penelitian ini dihimpun melalui instrumen-instrumen pretest (kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa), posttest (kemampuan akhir pemahaman konsep matematis siswa). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep sebanyak lima butir soal. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (0,66 > 0,47). Dengan demikian, model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Enur. (2019). Penerapan Pendekatan Diskursus Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Skripsi Pendidikan Matematika STKIP Subang: Tidak diterbitkan.

Abduh, M. (2017). Interaksi Pada Pendekatan Saintifik (Kajian Teori Scaffolding)

Arikunto Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta : Aditya Media

DARUSSYAFA’AH. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(8).

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The

Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain.New York : Longmans, Green and Co.

Dewi, A. R. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Active Learning Tipe Learning Start With A Question Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP

Effendi, K. N. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Advance Organizer dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 33-48.

Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.

Hidayat, R., & Nurrohmah, N. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software GEOGEBRA Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1). [ 11 Juni 2021]

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Lombok Tengah: Nashir Al-Kutub Indonesia

Laruli, L. (2018). Optimalisasi Penggunaan Metode Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Dikelas VIIIA SMP Negeri 1Luwuk Kabupaten Banggai. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 19-22.

Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01), 120-138.

Downloads

Published

2022-07-01