Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)

  • Ika Sriyanti STKIP Subang

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah desain kelompok pretest- posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwadadi. Data penelitian ini dihimpun melalui instrumen-instrumen pretest (kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa), posttest (kemampuan akhir pemahaman konsep matematis siswa). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep sebanyak lima butir soal. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (0,66 > 0,47). Dengan demikian, model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 1, 2022
How to Cite
SRIYANTI, Ika. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 29-39, july 2022. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/5457>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5457.