Analisis Self-Effficacy melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah

Self-Efficacy, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia
  • Agus Dede Anggiana universitas pasundan
  • Indra Rustiawan Universitas Putra Indonesia

Abstract

Salah satu aspek afektif yakni self-efficacy dipercaya dapat mensukseskan proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan self-efficacy siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk self-efficacy siswa sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian beberapa artikel kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembangan self-efficacy siswa sekolah menengah, faktor yang dapat mempengaruhi hasil implementasi model pembelajaran berbasis masalah adalah kemampuan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
SANIAH, Lia; ANGGIANA, Agus Dede; RUSTIAWAN, Indra. Analisis Self-Effficacy melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-10, june 2022. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/4998>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.4998.