Analisis Self-Effficacy melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah

Self-Efficacy, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia
  • Agus Dede Anggiana universitas pasundan
  • Indra Rustiawan Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.4998

Abstract

Salah satu aspek afektif yakni self-efficacy dipercaya dapat mensukseskan proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan self-efficacy siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk self-efficacy siswa sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian beberapa artikel kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembangan self-efficacy siswa sekolah menengah, faktor yang dapat mempengaruhi hasil implementasi model pembelajaran berbasis masalah adalah kemampuan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggiana, A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-69. doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061

Adicondro, N. & Alif P. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Selfregulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas. 8(1): halaman 18-27. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/296945015.pdf

Annisa, F.I. & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/29307/12926/

Arifin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pendas Mahakam. 3(3): halaman 255-266. Diakses dari https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/293/182

Firmansyah, E., Putri, M., M., & Dwi, K. A. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMA. 10(2): halaman 51-64. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/download/2784/1443

Fitriana, L. M. & Fitriyani, H. (2018). Improving Students’ Mathematics Self-Efficacy Through Problem Based Learning. (MJML) Malikussaleh Journal of Mathematics Learning. 1(1): halaman 26-30. Diakses dari https://ojs.unimal.ac.id/mjml/article/download/679/469

Gega, M., Hastuti, S. N., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. 7(1): halaman 117. Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/17675/pdf

Hindun, S., Eka, Y. S., & Eti, E. R. (2019). Increasement Of Mathematical Connection Ability and Self-Efficacy Of Students Through Problem-Based Learning Approach With Multimedia. JIML (Journal of Innovative Mathematics Learning). 2(2): halaman 74-81. Diakses dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1091061&val=16413&title=INCREASEMENT%20OF%20MATHEMATICAL%20CONNECTION%20ABILITY%20AND%20SELF-EFFICACY%20OF%20STUDENTS%20THROUGH%20PROBLEM-BASED%20LEARNING%20APPROACH%20WITH%20MULTIMEDIA

Ketut, I. B. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research. 3(2): halaman 90-99. Diakses dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=991530&val=13531&title=Penerapan%20Problem%20Based%20Learning%20Berbantuan%20LKS%20untuk%20Meningkatkan%20Self-Efficacy%20dan%20Hasil%20Belajar%20Matematika

Kuswidyanarko, A., Wardono., & Isnarto. (2017). The Analysis of Mathematical Literacy on Realistic Problem-Based Learning with E-Edmodo Based on Student’s Self Efficacy. Journal of Primary Educaiton. 6(2): halaman 103-113. Diakses dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=960802&val=14765&title=The%20Analysis%20of%20Mathematical%20Literacy%20on%20Realistic%20Problem-Based%20Learning%20with%20E-Edmodo%20Based%20on%20Students%20Self%20Efficacy

Maulida, F., Saminan, & Abidin, Z. (2020). The Implementation of Problem-Based Learning (PBL) Model to Improve Creativity and Self-Efficacy of Field Dependent and Field Independent Students. (MJML) Malikussaleh Journal of Mathematics Learning. 3(1): halaman 13-17. Diakses dari http://ojs.unimal.ac.id/index.php/mjml/article/download/2402/1485

Rahman, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2): halaman 70-78. Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2085/991

Ratnaningsih, N. (2017). The Analysis Of Mathematical Creative Thinking Skills And Self-Efficacy Og High Students Built Through Implementation Of Problem Based Learning And Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). 2(2): halaman 42-45. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/231283279.pdf

Downloads

Published

2022-06-30