PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Authors

  • Arbayanti Arbayanti Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau
  • Endang Istikomah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid dengan menggunakan model pembelajaran Groups Investigation (GI) pada materi bangun datar segiempat. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang langkah-langkahnya telah dimodifikasi yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; dan (6) Produk Akhir. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 4 validator yang terdiri dari 2 orang Dosen Matematika FKIP UIR dan 2 orang Guru Matematika SMP PGRI Pekanbaru. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data validasi. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini validitas RPP adalah 91,94% dan validitas LKPD adalah 91,14% yang mana memenuhi kriteria sangat valid. Maka berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran dengan kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvionita, E., Abdurrahman, A., & Herlina, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMK. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 48-55.

Anggreini, E., Zulkarnain, Z., & Ariawan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Liniear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 35-40.

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293-302.

Hartono, A & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Kooperatif GI (Group Investigation) pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 653-659.

Iqbal, M. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis (Tesis, Program Studi Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitass Lampung, Bandar Lampung).

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

PP. Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Putri, M. T., Setyawan, A. A., & Effendi, L. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasi Budaya Melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik di SD Negeri 013 Rengat Barat Tahun Ajaran 2017/2018. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 79-86.

Sadat, A., Harisuddin, M. I., & Oktavian, I. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 159-168.

Septiawan, B & S. Sondang, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Group Investigation dengan Strategi Organisasi pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 285-293.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149-160.

Downloads

Published

2021-07-01