PENGARUH PENERAPAN METODE PEER TUTORING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MTs

Bahasa Indonesia

Authors

  • Yuni Mahmudah MTsN 2 Bandung Barat
  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.3935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui peningkatan pemecahan masalah terhadap matematik dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok; 2). Mengetahui respon siswa kelas VIIIF dalam pembelaran investigasi kelompok di SMP Negeri 4 Karangtengah. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kurt Lewis yang dilakukan dari Siklus  I, Siklus  II dan Siklus III. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah adanya tes formatif untuk melihat persentase tingkat keberhasilan pemecahan masalah matematik, sedangakan dalam pengujian jurnal siswa dengan melihat persentase jawaban siswa untuk mengetahui  positif atau negatifnya respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penigkatan pada setiap langakah pemecahan masalah dari Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model investigasi kelompok dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Sikap siswa positif terhadap pembelajaran investigasi kelompok. Kata Kunci: Investigasi kelompok, Kemampuan pemecahan masalah mateamatik, sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-01