PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Widianjani Widianjani Universitas Putra Indonesia
  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.3913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui peningkatan pemecahan masalah terhadap matematik dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok; 2). Mengetahui respon siswa kelas VIIIF dalam pembelaran investigasi kelompok di SMP Negeri 4 Karangtengah. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kurt Lewis yang dilakukan dari Siklus  I, Siklus  II dan Siklus III. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah adanya tes formatif untuk melihat persentase tingkat keberhasilan pemecahan masalah matematik, sedangakan dalam pengujian jurnal siswa dengan melihat persentase jawaban siswa untuk mengetahui  positif atau negatifnya respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penigkatan pada setiap langakah pemecahan masalah dari Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model investigasi kelompok dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Sikap siswa positif terhadap pembelajaran investigasi kelompok.Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui peningkatan pemecahan masalah terhadap matematik dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok; 2). Mengetahui respon siswa kelas VIIIF dalam pembelaran investigasi kelompok di SMP Negeri 4 Karangtengah. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kurt Lewis yang dilakukan dari Siklus  I, Siklus  II dan Siklus III. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah adanya tes formatif untuk melihat persentase tingkat keberhasilan pemecahan masalah matematik, sedangakan dalam pengujian jurnal siswa dengan melihat persentase jawaban siswa untuk mengetahui  positif atau negatifnya respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penigkatan pada setiap langakah pemecahan masalah dari Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model investigasi kelompok dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Sikap siswa positif terhadap pembelajaran investigasi kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, J. (2009). Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. In ACSA Conference (pp. 1–8).

Haryati, Yayah.(2018). Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. JPP. Vol. 8 No. 1. (2018). P-ISSN: 1412-565X.

Huda, Khoridatul. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Infinity. Vol. 5 No.1. (2016). Halaman 15-24.

Kamilah, Mila, dan Adi Ihsan Imami. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Sesiomadika. Vol. 2 No. 1c. (2020). Halaman 664-672.

Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Musilum. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30.

Mutazam. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Pemecahan. RIEMANN. Vol. 2 No. 1. (2020). P-ISSN: 2721-8848. E-ISSN: 2721-883X.

Nurekawati, Endah Evy, dan Eviliyanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 15 No. 1. (2017). ISSN: 1829-8702.

Putri, Yenda Bella. (2016). Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prisma. Vol. 3 No. 2. (2016). ISSN: 2613-9189.

Rifa’i, Rusdian, dan Nenden Suciyati Sartika. (2018). Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Analisa. Vol. 4 No. 1. (2018). P-ISSN: 2549-5135. E-ISSN: 2549-5143.

Safitri, Anisa. dkk. (2018). Pengaruh pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Edukasi dan Penelitian matematika. V0l. 7 No.1. (2018). Halaman 1-8.

Tim Penulis. (2014). Permndikbud Nomor 08 tahun 2014 tentang Pedoman Mata Pelajaran SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tunggal, Suprianto. dkk. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Group InvestigationBerbantu Soal Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. AKSIOMA. Vol. 9 No. 1. (2020). P-ISSN: 2089-8703. E-ISSN: 2442-5419.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Wibowo, Wahyu Candra. (2015). Peningkatan Kemapuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Moodel Pembelajaran Inquiry Learning Pada Siswa kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta: Tidak Diterbitkan.

Downloads

Published

2021-07-02