PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Egi Adha Juniawan STKIP La Tansa Mashiro
  • Jajang Miharja

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.3816

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena perlunya rangsangan terhadap penyampaian informasi kepada peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi lingkaran berbasis adobe flash professional cs 6 agar peserta didik termotivasi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian ADDIE, tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap implementation. Hasil penelitian menunjukan respon kelayakan media pembelajaran pada kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,57 dan respon kelayakan media pembelajaran pada kelompok besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,60. Hal ini menunjukan pengembangan media pada materi lingkaran berbasis adobe flash professional cs 6 menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

El-haq, M. N. S. A., Budiarto, M. T. 2013. Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Materi Lingkaran Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT). [Online] tersedia : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/3888/6432. [08 Juni 2021]

Hamidi, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional Cs 6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. [Online] tersedia: http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/1806. [16 Juli 2020]

Juniawan, E.A. 2020. “pengaruh mathematics self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Mts. Daar El Qolam”, Geomath. Vol. 1 (1), pp: 41

Leow, F. T., & Neo, M. (2014). “Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university”. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), pp: 99–110.

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. 2018. “Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa”. PENDIPA Journal of Science Education, Vol 2(2), pp: 131–134

Muhson, A. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 8 (2), pp: 1-10

Norsanty, U.O., Chairani, Z. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. [Online] tersedia: https://www.neliti.com/id/publications/176907/pengembangan-lembar-kerja-siswalks-materilingkaran-berbasis-pembelajaran-guide. [14 Agustus 2020]

Prawira, F. R. (2013). “Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar”. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 66, pp: 37–39.

Rosiyanti, H., Eminita V., Riski. 2020. desain media pembelajaran geometri ruang berbasis powtoon. [Online] tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/6831/4289 [20 Agustus 2020]

Susanti, R.D., Effendi, M.M. 2020. Efektivitas penggunaan edmodo dalam pelaksanaan ulangan harian matematika. [Online] tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4756/4265 [20 Agustus 2020]

Teoh, B., & Neo, T.-K. 2007. Interactive Multimedia Learning: Students’ Attitudes and Learning Impact in an Animation Course. [Online] tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED499660.pdf [25 Agustus 2020]

Ula, I. R., & Fadila, A. 2018. “Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP”. Desimal: Jurnal Matematika, Vol 1(2), pp: 201.

Widyanto, E. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Cs 6 Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII. [Online] tersedia: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16679. [16 Juli 2020]

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, pp: 263–278.

Downloads

Published

2021-07-01