EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDMODO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA

Edmodo; efektifitas; komunikasi matematika; sikap.

Authors

  • Anton Nasrullah Perguruan Tinggi Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346

Abstract

Seiring perkembangan teknologi baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merubah seseorang dalam berkomunikasi, bersosialisasi dan belajar, hal ini merupakan sebuah tantangan untuk para pendidik agar dapat menggunakan teknologi secara optimal dan dapat memudahkan interaksi dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar baik secara tatap muka langsung mapun secara tidak langsung (online) sehingga indikator dalam satauan acara perkulihan dan silabus dapat tercapai. Penelitian bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika ekonomi dengan Edmodo lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematika; 2) untuk mengetahui apakah mahasiswa yang belajar dengan menggunakan Edmodo bersikap positif terhadap pembelajaran matematika ekonomi. Penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experiment, desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design: memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok yaitu kelas eksperimen (Edmodo) dan kelas kontrol (konvensional). Teknik pengumpulan dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji t. Hasil penelitian adalah; 1) pembelajaran matematika ekonomi yang menggunakan Edmodo lebih efektif (eksperimen) dari pada pembelajaran tanpa menggunakan Edmodo (konvensional); 2) mahasiswa yang belajar dengan menggunakan Edmodo bersikap positif terhadap pembelajaran matematika ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-22