PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Think-Talk-Write (TTW): berpikir kreatif: sikap

  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia
  • Lamlam Patimah Universitas Putra Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan pembentukan karakter baik menyangkut daya pikir, daya intelektual maupun daya emosional, hal ini sesuai dengan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa, yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”.1 Dengan demikian pembangunan di bidang pendidikan begitu penting artinya untuk mencapai taraf kemajuan di segala bidang. Berdasarkan tujuan pendidikan tersebut, dalam upaya mewujudkannya perlu disusun sebuah strategi pembelajaran matematika yang mampu mempersiapkan siswa untuk menghadapi perubahan kehidupan dalam dunia yang terus berkembang. Dengan demikian diharapkan melalui penyampaian materi dengan strategi yang tepat, nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran matematika dapat tersampaikan dan diterima secara cepat oleh para siswa, akhirnya akan terbentuk siswa yang memiliki pola pikir yang sistematis, logis, kritis, kreatif dan terarah. Pola pikir yang terbentuk akan mendorong para siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 1, 2021
How to Cite
SANIAH, Lia; PATIMAH, Lamlam. PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 178-186, jan. 2021. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/3266>. Date accessed: 23 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.3266.