PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN <i>OPEN-ENDED</i> UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA

  • Anwar Sadat STKIP Subang
  • Muhammad Iqbal Harisuddin STKIP Subang
  • Ifung Oktavian STKIP Subang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah keefektifan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dibandingkan dengan  penerapan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa. Selain itu, dianalisis pula tentang sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended. Jenis penelitian yang  dilakukan adalah penelitian  kuasi eksperimen dengan sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas VIII yang berasal dari dua kelas di MTs Negeri I Subang. Kedua kelas diberikan pretes dan postes kemampuan berfikir kreatif, dan diberi angket sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan pendekatan open-ended.  Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji parametrik (uji t) dan uji non-parametrik (uji Mann Whitney). Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol; (2) Sebagian besar siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan open-ended.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2020
How to Cite
SADAT, Anwar; HARISUDDIN, Muhammad Iqbal; OKTAVIAN, Ifung. PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 159-168, dec. 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2905>. Date accessed: 23 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.2905.