IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK

Authors

  • Jusep Saputra
  • Via Selfiana Universitas Pasundan
  • Dahlia Fisher Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v10i1.28854

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy merupakan dua komponen penting yang sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMK melalui penerapan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalagh quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung, yaitu kelas Eksperimen yang menggunakan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, uji Mann-Whitney, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot memiliki peningkatan kemampuan penalaran matematis yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Problem-based Learning berbantuan Kahoot efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2): halaman 56-69. Tersedia: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Apriani, K., Nurhikmayati, L., & Jatisunda, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Melalui Problem Based Learning. Jurnal Didactikal Mathematics. 2(2): halaman 01-09. Tersedia:

Ardiawan, Y., & Nurmaningsih. (2018). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP Se-Kota Pontianak. JurnalPendidikanMatematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 7(1). Tersedia: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1299/pdf

Arifin, N. (2018). Upaya meningkatkan efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning. Penas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 3 (3), 255-266.

Darta, Saputra, J., Eliyarti, W., Putra, B. Y. G., Kandaga, T. (2021). Improvement of the Ability of Representation, Reasoning, and Self-Efficacy of Prospective Mathematics Teacher Students by Using Learning with A Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series 1776 (2021) 012002. doi: 10.1088/1742-6596/1776/1/012002

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah

Fathurohman, A. (2014). Analogi dalam pengajaran fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika , 1 (1), 74-77. Tersedia: https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1276

Fisher, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI BLENDED-LEARNING DENGAN STRATEGI PROBING-PROMPTING: Blended-Learning: Probing-Prompting: Penalaran Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 1-9. Tersedia:

Fisher, D. (2022). Pengembangan pembelajaran campuran matematika mobile: Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berorientasi pada siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 11 (1), 69-81.

Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). Tersedia: https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3328

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika. Tersedia: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.1318 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3). Tersedia: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Panjaitan, M., & Rajagukguk, S. R. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas X SMA. Jurnal Inspiratif, 3(2), 1-17. Tersedia: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/8880/7728

Prinsip, NCTM (2000). Standar untuk matematika sekolah. Reston, VA: Dewan Nasional Guru Matematika . Tersedia: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/55/55

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Tersedia: https://jurnal-fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakm/article/view/293

Wibawa, T. P., Eliyarti, W., & Saputra, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 109-118.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10066/9427

Yaniawati, R. P., Kartasasmita, B. G., & Saputra, J. (2019). E-learning assisted problem-based learning for self-regulated learning and mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1280, 012009. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/1/012009

Yurianti, S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2014). Kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas x sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).

Downloads

Published

2025-07-08