IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v10i1.28854Abstract
Kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy merupakan dua komponen penting yang sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMK melalui penerapan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalagh quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung, yaitu kelas Eksperimen yang menggunakan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, uji Mann-Whitney, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot memiliki peningkatan kemampuan penalaran matematis yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Problem-based Learning berbantuan Kahoot efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis.Downloads
References
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2): halaman 56-69. Tersedia: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
Apriani, K., Nurhikmayati, L., & Jatisunda, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Melalui Problem Based Learning. Jurnal Didactikal Mathematics. 2(2): halaman 01-09. Tersedia:
Ardiawan, Y., & Nurmaningsih. (2018). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP Se-Kota Pontianak. JurnalPendidikanMatematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 7(1). Tersedia: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1299/pdf
Arifin, N. (2018). Upaya meningkatkan efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning. Penas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 3 (3), 255-266.
Darta, Saputra, J., Eliyarti, W., Putra, B. Y. G., Kandaga, T. (2021). Improvement of the Ability of Representation, Reasoning, and Self-Efficacy of Prospective Mathematics Teacher Students by Using Learning with A Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series 1776 (2021) 012002. doi: 10.1088/1742-6596/1776/1/012002
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah
Fathurohman, A. (2014). Analogi dalam pengajaran fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika , 1 (1), 74-77. Tersedia: https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1276
Fisher, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI BLENDED-LEARNING DENGAN STRATEGI PROBING-PROMPTING: Blended-Learning: Probing-Prompting: Penalaran Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 1-9. Tersedia:
Fisher, D. (2022). Pengembangan pembelajaran campuran matematika mobile: Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berorientasi pada siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 11 (1), 69-81.
Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). Tersedia: https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3328
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika. Tersedia: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.1318 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3). Tersedia: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Panjaitan, M., & Rajagukguk, S. R. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas X SMA. Jurnal Inspiratif, 3(2), 1-17. Tersedia: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/8880/7728
Prinsip, NCTM (2000). Standar untuk matematika sekolah. Reston, VA: Dewan Nasional Guru Matematika . Tersedia: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/55/55
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Tersedia: https://jurnal-fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakm/article/view/293
Wibawa, T. P., Eliyarti, W., & Saputra, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 109-118.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10066/9427
Yaniawati, R. P., Kartasasmita, B. G., & Saputra, J. (2019). E-learning assisted problem-based learning for self-regulated learning and mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1280, 012009. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/1/012009
Yurianti, S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2014). Kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas x sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.