PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA

Komunikasi: Penalaran: Self-efficacy: Team Assisted Individualization

  • Melinda Putri Mubarika Pasca Sarjana Unpas

Abstract

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed methods  dengan  convergen design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran dan komunikasi, angket self efficacy, lembar observasi guru dan peserta didik, juga wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dari sebanyak Sembilan kali pertemuan menunjukkan bahwa : 1) penerapan model cooperative learning tipe Time Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik; 2) penerapan model cooperative learning tipe Time Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik; 3) kemampuan penalaran dan komunikasi matematis selama pembelajaran berlangsung dapat diatasi dengan baik, dan ada peningkatan pada setiap pertemuan; 4) perkembangan self-eficacy peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan penerapan model cooperative learning  tipe Time Assisted Individualization (TAI) berada pada kategori sedang, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan dimensi magnitude, strength, dan generality; 5) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy peserta didik; 6) kendala yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis bisa diatasi dalam batas pencapaian kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan pada awal penelitian dan didakan evaluasi dalam setiap pertemuannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 9, 2020
How to Cite
MUBARIKA, Melinda Putri. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 62-82, mar. 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2318>. Date accessed: 17 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.2318.