IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE-BASED LEARNING BERBANTUAN PROGRAM GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Model Permbelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

  • Andini Sukma Widiawati
  • Ucu Koswara

Abstract

Makalah ini melaporkan temuan tentang satu eksperimen dengan desain Non - Equivalent Control Group Designuntuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebradengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester dua di salah satu sekolah di Kabupaten Sumedang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester dua serta sampel yang diambil sebanyak 82 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, serta angket dalam upaya melihat hasil dari pandangan siswa mengenai pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra.Penelitian ini menemukan: (1) Dari Uji pada taraf kesalahan 5% menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra lebih baik dibanding pembelajaran konvensional.(2) Analisis deskriptif terhadap angket sikap siswa berada pada kategori positif dengan kriteria sedang, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra berkategori positif terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2017
How to Cite
WIDIAWATI, Andini Sukma; KOSWARA, Ucu. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE-BASED LEARNING BERBANTUAN PROGRAM GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 67-78, jan. 2017. ISSN 2548-2297. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/211>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.211.