PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK
pembelajaran berbasis masalah (PBM): pemecahan masalah matematis.
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.208Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa ditinjau berdasarkan pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMK Swasta di Sumedang. Sampel diambil dua kelas dari sebelas kelas X secara purposive. Sampel yang terlibat sebanyak 64 siswa, 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji t, uji Mann-WhitneyU, dan uji ANOVA dua jalur dengan interaksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) secara keseluruhan dan tiap kategori KAM,tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswayang belajar dengan PBM dan ekspositori; (2) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor KAM terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.