HUBUNGAN ANTARA SELF ANXIETY DAN INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA

Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan Kesimpulan, Referensi

Penulis

  • Ayu Cahyani Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Alifah Nabila Azzahra
  • Doi'fan Destara Putra
  • Rosida Rakhmawati Muhammad
  • Bambang Sri Anggoro

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i2.20183

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara self anxiety (kecemasan diri), intelligence quotient (IQ), dan kemampuan penalaran matematis pada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasional, yang melibatkan penerapan analisis regresi parsial dan regresi berganda. Sampel penelitian terdiri atas 31 siswa yang dipilih dari dua sekolah di Bandar Lampung, yaitu SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 15, yang diambil dari populasi siswa kelas XI sebanyak 56 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen tes dan non-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa self anxiety dan Intelligence Quotient memberikan kontribusi sebesar 55,9% terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, sedangkan sisanya, sebesar 44,1%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Self Anxiety, Intelligence Quotient, Penalaran Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, T., & Ulfah, S. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 81-92.

Ardana, Aritonang & Dermawan. 2013. Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kesehatan Fisik Untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Volume XVII, No. 03, September 2013.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.

Cervone, D., & Pervin, L. A. (2022). Personality: Theory and research. John Wiley & Sons.

Erika, A., Qomari, N., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. UBHARA Management Journal, 1(1), 122-134.

Ermawati, D., Nihayati, N. F., Marlin, C. M., Aleansyah, F., & Noviyanti, P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 1 Gribig. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 8(1), 93–103.

Fatonah, T. N., & Izzati, N. (2023). HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA YANG DIMILIKI PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 234-242.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications. Pearson.

Ginting, S. O., Efendi, N., & Purnaya Sari Br. Tarigan. (2020). Pengaruh Intelligence Quotient, Emotional Quotient terhadap Kinerja Melalui Spiritual Quotient. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 47–69.

Khardita, D., Asih, T. S. N., & Agoestanto, A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN METODE FLIPPED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 178-184. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10806

Hairina, R. R., Mardijana, A., & Fajar Kusuma, I.(2012). Kecerdasan dan Kecemasan pada Siswa Berhubungan Kuat Menjelang Ujian Akhir Semester (A Strong Relation Between Intelligence and Anxiety of Students Towards Final Semester Exam).

Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205-214. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no2.2019pp205-214

Justel, A., Peña, D., & Zamar, R. (1997). A multivariate Kolmogorov-Smirnov test of goodness of fit statistics & probability letters, 35(3), 251-259.

Lestari, A., Santosa, C. A. H. F., & Sudiana, R. (2021). Pengaruh intelligence quotient (IQ) dan emotional spiritual quotient (ESQ) terhadap hasil belajar matematika siswa sma (studi korelasi siswa sma se-Kota Serang). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 497 506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p

Listiani, T., Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Topik Bangun Ruang [Error Analysis Of Students In The Mathematics Department In Solving Geometry Problems On The Topic Of Solid Figures]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1708

Montague, M., & Applegate, B. (2000). Middle school students' perceptions, persistence, and performance in mathematical problem solving. Learning Disability Quarterly, 23(3), 215-227.

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis berbasis soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 10(1), 41-52.

Munasiah, M. (2016). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 220–232. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.649

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Prahmana, R. C. I., Sutanti, T., Wibawa, A. P., & Diponegoro, A. M. (2019). Mathematical anxiety among engineering students. Infinity Journal, 8(2), 179-188. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p179-188

Pramesty, D. A., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 34-43.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran generative pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14-29.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Taherdoost, H. (2016). Sampling methods in research methodology; how to choose a sampling technique for research. International journal of academic research in management (IJARM), 5.

Diterbitkan

2024-12-31