MOTIVASI DAN RESPON SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECK BASED LEARNING (PjBL)

Penulis

  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri Subang
  • Otisia Arinindyah Universitas Islam Depok
  • Isep Budiman SMAN 1 Pangkalan
  • Endang Komara Universitas Islam Nusantara
  • Rita Sulastini Universitas Islam Nusantara
  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i2.19518

Abstrak

ABSTRAK

Untuk Meningkatkan motivasi dan Respon siswa dalam belajar matematika guru harus menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran atau dikenal  dengan istilah (student center). Salah satu model yang menuntut siswa aktif adalah berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan respon siswa dalam pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini metode kualitatif jenis Etnografi. Istrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini berupa Koesioner atau angket  yaitu angket yang berisi pernyataan tentang Motivasi dan pernyataan Respon. Sampel yang diambil berdasarkan Simple Random Sampling, yang diambil secara acak dengan dua kelas yang berbeda yaitu kelas XA dan XD. Pendekatan dalam penelitiaan ini adalah penelitian Kualitatif Etnografi, istrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini berupa koesioner atau angket. Angket dibuat cecara berbeda untuk mengetahui motvasi dan respon siswa dalam pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Analisis data digunakan dalam  skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban, yaitu Sangat Tidak Setuju (STS), Tidak Setuju (TS), Netral (N), Setuju (S), dan Sangat Setuju (SS). Berdasarkan hasil rata-rata  skala Likert respon siswa terhadap pelajaran matematika adalah 3,86, respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) 3,40, dan respon siswa terhadap soal-soal matematika adalah 3,16. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap seluruh indikator. Sedangkan rata-rata hasil skala Likert motivasi siswa yang menunjukan minat terhadap pembelajaran matematika adalah 4,06, Motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah 4,16. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan motivasi  positif terhadap seluruh indikator.

Kata kunci: Motivasi, Respon, Project Based Learning (PjBL)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Endang,K.,Erliany,S.,& Rian, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. PT Refika Aditama

Faisal Eka Mahendra , Sundari , Erni Enggelina Eregua , Arie Anang Setyo , Irna Rusani , Nika Fetria Trisnawati (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR: Link:http://uniflor.ac.id/ejournal/index.php/JPM/article/view/3041

Hamzah B Uno 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara

Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (Tgt) Dan Discovery Learning (Dl) Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Muallimuna :Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6 (1), 1 . https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2371

Lenny Gusti Anggraini, Asmin , Mulyono (2023) . Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar; Research & Learning in Elementary Education, Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 741 – 751:Link: https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4383

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Halisa (2022). Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu; Jurnal Pendidikan Biologi, Biogenerasi Vol 7 No 2.Link: https://www.e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/1842

Ormrod, J.E. (2009). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang edisi keenam jilid 2. (diterjemahkan oleh Amitya Kumara). Upper Saddle River, Nj: Merril Prentice Hall

Ratih Sri Kurnia (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Resdiana Safithri , Rikhel Saputri, Lovi Leoni , Lidia Gusfi Marni (2022). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP; Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, Volume 1 No. 2, Oktober-Desember 2022, pp 38-46.Link: http://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/8

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajarkan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sardiman.2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman A.M. (2018). Interksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sepiana Gunawan (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.

Setrinova,Radhya Yusri,Hamdunah (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOT IVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS; JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), Vol. 9 No. 2 (2023).Link: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/4980

Sriyanti, M.Pd, I. (2023). Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. symmetry/pasundan journal of research in mathematics learning.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi Dan Metode Dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Diterbitkan

2024-12-31