STUDI LITERATUR: PENINGKATAN NUMERASI PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TINGKAT SMA/MA/SMK

Asesmen Nasional, Kurikulum Merdeka, Matematika, Model Pembelajaran, dan Pendekatan Pembelajaran

Authors

  • Eka Elia Robiah Adawiah SMKN 1 Binong Subang
  • In In Supianti Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i2.17901

Abstract

Mathematics is one of the basic sciences that has an important role in the development of science and technology. In the world of education, thinking skills need to be developed in the learning process, especially to solve mathematical problems (Hanany and Sumaji, 2020). Numeracy ability is a person's intellectual ability that involves systematic and logical thinking processes in carrying out arithmetic operations (Gunur, 2018). Investigation of students' numeracy abilities is an important thing to do. By analyzing the learning process and the results of students' numeracy abilities, it can be seen what students' numeracy abilities are. Therefore, it is necessary to use a learning model that can improve the ability to solve numeracy problems, one of which is the application of differentiated learning that can accommodate students' needs. The research method used is a qualitative literature study, which analyzes findings from various previous studies. The research results show that differentiated learning not only increases students' learning activities and outcomes, but also increases students' learning motivation. Statistical analysis of these studies also increases the effectiveness of differentiated learning in students' numeracy abilities

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, T. A., Siregar., & Sitompu, Hasholan. ( 2023). Peningkatan kemampuan numerasi peserta didik sm negeri 7 medan melalui pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 247-256.

Arantini., Tindangen, Makrina., & Rizki, N. A. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa kelas x smks gke agri bakti dalam pembelajaran matematika konten barisan aritmatika dan geometri tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 15-20.

Arifatunnisak., & Susilo, B. E., (2023). Systematic literature review: pembelajaran matematika berbasis e-learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2).

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sdn bulukerto 02 batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(4), 1995-2014.

Fitriyani, Nadya., &Yerizon. (2024). Pengembangan e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta duduj kelas xi sma/ma. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 13(2), 54-61.

Insani, A. H., Munandar, & Kukuh. (2023). Studi literatur: pentingnya pembelajaran berdiferensiasi di era kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, VI(1).

Jamil, N. A., Setiani, Ana., & Balkist, P. S. ( 2023). Pengembangan modul pembelajaran matematika berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 367-380.

Jati, T. A. S., Sapti, Mujiyen., Purwoko, R. Y. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis rme untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 387-396.

Kurniawaty, Rina., Makmuri., & Meiliasari. (2023). Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan pmri untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis berbudaya lokal jakarta. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2).

Rantini., Tindangen, M., & Rizki, N. A. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa kelas x smks gke agri karya bakti dalam pembeajaran matematika konten barisan aritmatika dan geometri tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 15-20.

Sakti, V. C., & Lutfiyah, Ana. (2024). Implementasi prmbrlsjsrsn brrdiferensiasi dengan metode problem based learning (pbl) dalam meninkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 2620-0326.

Samsiyah, Siti. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).

Septyana, Elsa., Indriati, N. K., Indiati, Intan., & Ariyanto, Lilik. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x boga 1 smk di semarang pada materi program linier. Journal Sains dan Edukasi Sains, 2(2), 85-94.

Puspita, N. L. I., ANam, Fatkul., & Santoso, Arif. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi analisis regresi linier sederhana kelas xi titl (teknik instalasi tenaga listrik) 2 smkn 5 surabaya tahun ajaran 2023/2024. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan ALam, Kebumian dan Angkasa, 2, 92-99.

Wulandari, A. S., (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi solusi pembelajaran dalam keberagaman. JPM: Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3).

Downloads

Published

2024-12-31