META ANALYSIS: PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN IMPROVING MATHEMATICAL REASONING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13691Abstract
Kemampuan penalaran matematis sangat penting bagi siswa karena dapat menyelesaikan permasalahan dalam segala aspek kehidupan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada tingkat sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Hasil analisis terhadap tujuh artikel menunjukkan bahwa satu artikel mempunyai effect size sedang dan enam artikel lainnya mempunyai effect size tinggi. Selain itu, nilai efek gabungan ketujuh artikel tersebut sebesar 1,46 yang tergolong tinggi. Mengacu pada hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 15,831 lebih besar dari ttabel yaitu 1,966 sehingga rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang diberi model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan yang tidak menerapkan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.