Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Horray) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

  • Risma Nurul Auliya
  • Darhim .
  • Elah Nurlaelah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course, Review, Horray) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri Jakarta Selatan. Adapun, sampelnya terdiri dari 32 siswa kelas CRH (kelompok eksperimen) dan 34 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti, yaitu peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 26, 2020
How to Cite
AULIYA, Risma Nurul; ., Darhim; NURLAELAH, Elah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Horray) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, may 2020. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2646>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2646.
Section
Articles