IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di MI/SD menemui berbagai tantangan, salah satunya ialah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPA di MI/SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode library research. Data didapatkan dari dari buku, jurnal, maupun terbitan lain yang sesuai topik penelitian. Temuan penelitian ini ialah: Pembelajaran IPA MI/SD pada kurikulum merdeka digabung dengan IPS menjadi IPAS. Pelaksanaan pembelajaran IPA dan IPS di SD/MI sendiri belum sepenuhnya diintegrasikan secara konten. Walaupun materi IPA dan IPS berada dalam satu buku, pelaksanaan pembelajaran IPA masih dibelajarkan secara terpisah dengan IPS. IPA diajarkan pada semester ganjil dan IPS diajarkan pada semester genapDownloads
References
Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran [Monograph]. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. https://repositori.kemdikbud.go.id/24972/
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3.
AtKisson, A. (2008). The ISIS Agreement: How Sustainability Can Improve Organizational Performance and Transform the World (1st edition). Routledge.
Bahri, S. (2022). Pemulihan Pembelajaran di Sekolah Melalui Kurikulum Prototipe. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p204-215
Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Fauziah, A. A., Hakim, L., & Hawing, H. (2022). Kebijakan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 di Kabupaten Bone. Kybernology : Journal of Government Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/kjgs.v2i1.8432
Fembriani, F. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661
Kebudayaan, K. P. dan. (n.d.). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. 20.
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd
Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Secara Online di Masa Pandemi SDN Karang Tengah 06 Tangerang. EDISI, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i2.1058
Mahendra, A. O. Y. (2020). Musik Keroncong Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. Seminar Nasional Seni dan Desain 2020, 33–41. https://www.neliti.com/id/publications/333142/
Makmun, M. N. Z. (2014). Pengembangan Pembelajaran Ipa (Sains) dan IPS di Madrasah Ibtidaiyah (berbasis Integrasi Interkoneksi). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1307
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur | ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia. Jurnal Etnosia, 01(02), 27–36.
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., Purba, B., Ritonga, M. W., Sudono, E. P., Purba, B., Karwanto, K., & Prasetya, A. B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Mila, J., Ahdar, A., & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346
Murdoch, K. (2020). Cycle of inquiry. https://www.kathmurdoch.com.au/ new-page-2-1
Musfiqon, D. H., & M.Pd. (2020). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center. http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18743
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nyoman, I., laba, J., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar.”. Seminar Nasional Riset Inovatif7:403–7.
Parhan, M. P. (2018). Kontekstualisasi Materi Dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.901
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), Article 1.
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447
Purani, N. K. C., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), Article 2.
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.2121/mp.v4i1.1117
Rahmawati, I. L., Hartono, H., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Kemampuan Self Regulation Siswa pada Tema Suhu dan Perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7922
Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174
Rozady, M. P. N., & Koten, Y. P. (2022). Scratch Sebagai Problem Solving Computational Thinking Dalam Kurikulum Prototipe. Increate - Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 8(1), Article 1. http://increate.nusanipa.ac.id/index.php/increate/article/view/34
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Supangat. (2022). Kurikulum 2022: Mengenal Kur. Prototipe Bagi Sekolah dan Guru. School Principal Academy.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Suswandari, M., Putri, I. N. M., Hastowo, D., & Lestari, H. A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN, 31(1), Article 1. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2135
Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.487
Thaiposri, P., & Wannapiroon, P. (2015). Enhancing Students’ Critical Thinking Skills through Teaching and Learning by Inquiry-based Learning Activities Using Social Network and Cloud Computing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2137–2144. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.013
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.