PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS III SDN TIRU KIDUL 1 KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9423Keywords:
Prestasi Belajar, Matematika, Teams Games TournamentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas III SDN Tiru Kidul 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2022/2023 di SDN Tiru Kidul 1 sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN Tiru Kidul 1. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai ketuntasan belajar matematika materi bangun datar pada siklus I sebesar 48% dan meningkat pada siklus II sebesar 80%. Ketuntasan hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 32%.Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Aeni, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Siswa Kelas V SDN Tulungrejo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 2. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/146
Albaar, M. R. (2020). Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional. Uwais Inspirasi Indonesia.
Hasibuan, M. Y., Ritonga, T., & Nurbaiti. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 1(2), 2. https://doi.org/10.37081/jipdas.v1i2.31
Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Feriyanto, Junaidi, Nurlaila, Q., Rahmi, H., Telaumbanua, A. C., Wahyudi, Ratnadewi, Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. Tohar Media.
Musdalifa, Razak, F., & Alam, A. J. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Group Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Mitra Cendekia Media.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.
Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–328. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/428
Ristiana, D. (2022). Metode Pembelajaran. Lakeisha.
Sojo. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Lakeisha.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.t.). SIMKeu KEMENDIKBUD. Diambil 24 Oktober 2021, dari http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. 1001–1003. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/72.-Kiki-Wihartini.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.