PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD

Authors

  • Elisa Septiana Dewi Universitas PGRI Palembang
  • Henni Riyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang, Pendidikan 3Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang
  • Patricia Lubis Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9376

Keywords:

Pengembangan, LKPD, Project Based Learning, Materi Perubahan Wujud Benda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berbasis Project Based Learning yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N 18 Muara Telang yang berjumlah 30 peserta didik. LKPD yang dikembangkan menggunakan model ADDIE, yaitu: (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan tes hasil coba belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan kategori sangat validBerdasarkan lembar angket ahli validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 86,84%. Untuk kepraktisan diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Dan untuk keefektifan berdasarkan uji coba tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 83,33%. Berdasarkan hasil validasi, kepraktisan, keefektifan dan hasil uji coba tes hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning materi perubahan wujud benda kelas V SD dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah, dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Budaya Masserempulu Tema Keragaman Negeriku di Sekolah Dasar. pendidikan guru sekolah dasar, 26.

Anggraini & Wulandari. (2021). Analais Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learnig Dalam Peningkatan Keatifan Siswa. jurnal pendidikan admitrasi perkantoran, 294.

Destina, dkk. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1150.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. jurnal kajian keislaman, 130.

Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137-148.

Kuatandi&Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Marnita, M., Lubis, P. H., & Noviati, N. (2021). Pengembangan LKPD berbasis HOTS Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 91 Palembang. JS (Jurnal Sekolah), 6(1), 103-109.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95-103.

Pertiwi, Sumarno, Dwi. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. mimbar PGSD Undisha, 265.

Priantini. (2022). Implementasi LKPD Inovatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Muatan IPA Siswa Sekolah Dasar. Widyasrama, 121.

Sari, dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning Untuk meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komukasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal TPACK IPA, 1.

Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis, P. (2018, July). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Cs3 Professional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Pgri Pangkalan Kersik Tungkal Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Wulandari & Novita. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Materi Asam Basa untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Chemical Education, 129.

Downloads

Published

2023-08-03