ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD NEGERI 17 RANTAU BAYUR

Authors

  • Atika Pratiwi Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9249

Keywords:

Faktor Kesulitan Belajar, Matematika, Materi Hitung Perkalian.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan apa saja faktor kesulitan belajar matematika pada materi hitung perkalian kelas III SD Negeri 17 Rantau Bayur. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi yang membahas mengenai apa saja faktor kesulitan belajar yang dialami siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian apa saja faktor kesulitan belajar matematika pada materi hitung perkalian kelas III SD Negeri 17 Rantau Bayur dapat disimpulkan bahwa, faktor kesulitan matematika pada materi hitung perkalian kelas III terdiri dari: 1) kesulitan memahami konsep, 2) pemahaman bahasa yang kurang, 3) kesulitan memahami simbol, 4) kurangnya ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan operasi hitung perkalian, hal ini di lihat dari hasil tes soal dan wawancara yang dilakukan siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 70.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 945-957.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87.

Cahyadi, F., Wahyuningrum, W., & Sagala, A. C. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas III B SD Negeri Bandungrejo 01 Demak. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 275-278.

Husna, U. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 1 Batu Mekar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram. Mataram.

Lestari, Kurnia Eka d. M. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Prasetyawan, D. G. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Congkrang 1 Muntilan Magelang. Basic Education, 5(26), 2-481

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 98-104.

Sari, N., Wibowo, T., Kurniawan, H., Sari, N., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020, September). Identifikasi Kesulitan Numerik Siswa dalam Mengaplikasikan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. In Senarai Penelitian Seminar Nasional Matematika Ke-11 Universitas Gadjah Mada “Peran Matematika Dalam Pemodelan Risiko Keuangan Yogyakarta, 22 September 2019 (p. 60). Deepublish.

Simbolon, H., Sofiyan, S., & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 100-100.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tanzimah, T. (2021, December). Analisis “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Aritmatika. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Wahyuni, S. W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian Bersusun dan Bilangan Cacah kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Terbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Medan.

Widodo, H. (2021). Memahami Hitung Cepat Perkalian dan Pembagian. Semarang: Mutiara Aksara.

Wood, D. (2017). Kiat mengatasi gangguan belajar. Yogyakarta: Katahati.

Downloads

Published

2023-08-03