PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI AIR BAGI KELANGSUNGAN MAHKLUK HIDUP MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SDN 02 TAWANGREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9227Abstract
This study aims to evaluate the use of Make a match type cooperative learning in improving student learning outcomes on the material Functions of Air for the Survival of Living Things at SDN 02 Tawangrejo. The research uses classroom action research methods with two cycles. Data was collected through observation, interviews and tests. The results showed that there was a significant increase in students' understanding after the application of Make a match cooperative learning. Students show high enthusiasm and active participation in learning activities. These results indicate that cooperative learning of the Make a match type can be an effective alternative in improving student learning outcomes in the material Functions of Air for the Survival of Living Things. Keywords: Improved learning outcomes, cooperative learning, make a match methodDownloads
References
Ewisahrani, E., Nursa’ban, E., & Fathurrahmaniah, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika. GRAVITY EDU ( JURNAL PENDIDIKAN FISIKA ), 4(1), 25–29. https://doi.org/10.33627/ge.v4i1.471
Hasni, N., & Lisnawati, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match di Madrasah Ibtidaiyah. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(1), 2019. https://doi.org/10.2426/Dpp.V6i3.1377
Khaedar, M., Supardi, R., & Alam, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Type Make A Match Pada Murid Kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. In Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 1).
Mustajab, A., Syamsijulianto, T., Susanti, H., & Melawi, S. (2021). Penerapan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPA. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar FAKULTAS DHARMA ACARYA UNIVERSITAS HINDU DARMA NEGERI DENPASAR , 6(2), 161–169. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Nuraini, S., & Bima, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IX-6 MTsN 2 Kota Bima. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 48–57. https://doi.org/10.36312
Parlopes, J., Tarigan, B., Anzelina, D., Sitepu, A., Florentina, N., Simarmata, E. J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Katolik, U., Thomas, S., Setia Budi, J., Tengah, K., Medan Tuntungan, K., Medan, K., & Utara, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. Journal on Education, 06(01), 3204–3216.
Ewisahrani, E., Nursa’ban, E., & Fathurrahmaniah, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika. GRAVITY EDU ( JURNAL PENDIDIKAN FISIKA ), 4(1), 25–29. https://doi.org/10.33627/ge.v4i1.471
Hasni, N., & Lisnawati, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match di Madrasah Ibtidaiyah. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(1), 2019. https://doi.org/10.2426/Dpp.V6i3.1377
Khaedar, M., Supardi, R., & Alam, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Type Make A Match Pada Murid Kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. In Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 1).
Mustajab, A., Syamsijulianto, T., Susanti, H., & Melawi, S. (2021). Penerapan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPA. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar FAKULTAS DHARMA ACARYA UNIVERSITAS HINDU DARMA NEGERI DENPASAR , 6(2), 161–169. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Nuraini, S., & Bima, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IX-6 MTsN 2 Kota Bima. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 48–57. https://doi.org/10.36312
Parlopes, J., Tarigan, B., Anzelina, D., Sitepu, A., Florentina, N., Simarmata, E. J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Katolik, U., Thomas, S., Setia Budi, J., Tengah, K., Medan Tuntungan, K., Medan, K., & Utara, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. Journal on Education, 06(01), 3204–3216.
Putri Sutarniyati. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match pada Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 34, 3211–3217.
Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2237–2244. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1159
Rikmasari, R., & Kamaliah, F. (2021). Model Make a Match sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK, IX(1).
Romansyah, D., Egok, A. S., & Frima, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1819–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2316
Salma Insiyah, P., Maftuh, A., & Fatimah Zahrah, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(2), 126–130. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Setyaningsih. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VI SD Negeri 006 Tri Mulya Jaya Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(3), 317–331.
Sutini. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 016 Beringin Jaya Kecamatan Singing Hilir Kabupaten Kuantan Singing. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(5), 704–710.
Tamelab, H., & Japa, G. N. (2021). Dampak Model Pembelajaran Make a Match Bermediakan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 478–482. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Wahyudinata, S., & Setyaningrum, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem pada Peserta Didik Kelas V SDN 15 Teluk Batang. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 5(1), 1–16.
Widyanti, Ws, R., & Ws, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan. Pedidaktika: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 259–269. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.