PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 BIRU

Authors

  • Sudarto Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Idris Jafar Universitas Negeri Makassar
  • Nur Aisyah Saputri Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8963

Keywords:

Learning model, Interest in learning science, The Fifth Grade of SD INPRES 6/75 Biru

Abstract

This research is a type of quantitative research that aims to determine whether there is or there is not influences of the cooperative learning model in exchanging partners type to interest in learning science for fifth grade students of SD INPRES 6/75 Biru who is located in Tanete Riattang District, Bone Regency. The variables in this study were the use of cooperative learning models in exchange pair type and students' interest in learning science. The population in this study were fifth grade students at SD INPRES 6/75 Biru. While the sample is 28 students of Fifth Grade. Research data obtained by questionnaire. The data analysis technique is the analysis of descriptive and inferential statistical. The results showed that the average students' interest in learning science after using the cooperative learning model of the swapping type was higher than the students' interest in learning science before using the cooperative learning model of the swapping type and there was a significant difference between students' interest in learning science before and after using the learning model. exchange-type cooperative. Conclusion: the cooperative learning model in the exchange pair type has a significant effect in increasing the interest in learning science for the fifth grade students at SD INPRES 6/75 Biru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustina, Lia. 2021. Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 124 Kota Agung Bengkulu Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar,Jakarta: Prenadamedia group

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Ardhana, W. 2000. “Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan”. Makalah. Disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V, di Universitas Negeri Malang.

Azra, Azyumardi. 1999. Esei-Esei Intelektual Muslim Dan Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

B.Uno, Hamzah. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta, PT Bumi Aksara

Darmadi, Hamid, dkk. 2018. Pengantar Pendidikan. Bandung: Cv.Alfabeta,

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Ika Sholihah. 2010. Penerarapan Model Problem Based Learning Untuk meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 2 Surakarta.

Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena

Isjoni, 2016. Cooperativ Learning, Bandung: Alfabeta,

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif Medan: Media Persada

Iswandi, Iswandi, Muhammad Amran, D H Satriani, and Rasmi Djabba. 2021. “Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5(2): 93–110.

Indriyani, M., Sofia, A., & Anggraini, G. F. 2018. Persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini, (1)

Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. 1980. Science for Children: A Book for Teacher. New Jersey: Prentice- Hall.

Jafar, M. I., Sudarto, S., & Alkalbi, R. A. 2023. Hubungan Pemanfaatan Pojok Baca Kelas dengan Kemampuan Membaca Pemahaman (Studi Pada Siswa Kelas V SDN 31 Tumampua V Kabupaten Pangkep). Global Journal Teaching Professional, 2(1), 107-115.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Miftahul Huda. 2013. Cooperative learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Moh. Sholeh Hamid. 2014. Metode Edutainment,(jogjakarta: Diva press), cet ke 6,

Muakhirin, Binti. 2015. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj Smk Hidayah Semarang.

Muzari, Isfi. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis SETS pada Tema Makanan Sehat dan Tubuhku untuk Meningkatkan Hasil Belajar. (Tesis). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Nurchasni. Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS Swasta Al Arafah. Skripsi. Fakultas Agama Islam.Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. 2015. Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar. Jurnal On Education, 01(02), 458–464.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, (Jakarta: PT. Raja Grafindo).

Saefudin, Furkon. 2016. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Majid.”

Saifullah. 2015. Pengaruh penggunaan media interaktif power point terhadap minat belajar mahasiswa Prodi PAI Semeester 3 tahun akademik 2013-2014 di IAIN Palopo.skripsi, Prodi PAI, IAIN Palopo

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarto, S. 2022. PENINGKATAN KARAKTER SISWA PADA PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS HUMANISTIS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 119-122.

Sudarto, S., Sabir, A., & Nurfadilah, N. 2022. ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6087-6092. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2047.

Sudarto, S., Yunus, S. R., & Karlinayanti, K. 2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 CENRANA MAROS (Studi Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang). Jurnal IPA Terpadu, 1(2), 23-31.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakara: Kencana.

Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran (Y. Umaya, Ed.). Malang: Ahlimedia Press

Soedijarto. 2018. “Sejarah Pusat Kurikulum.” Bandung: Alfabeta.

Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar (K. D. Vonny, Ed.). Sukabumi: Haura Publishing.

Thamrin, A.G., Nurhidayati, A. 2018. Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Bangunan. IJCEE, 4 (2), 93-102.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. “Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet.” Ke-4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tukirin, 2014. Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto, Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, (Bandung: Alfabeta).

UU. 2003. “Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Wisudawati, Widi. 2014. “Asih Dan Eka Sulistyowati.” Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, S. R., Sudarto, S. U., & Takdir, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Kahu (Materi Pokok Ekosistem). Jurnal IPA Terpadu, 1(2).

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (4th ed.). Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2023-08-04