PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES 12/79 CELLU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8725Keywords:
Active Learning Approach, Small Group Work, Social Studies Learning Outcomes, the 5th Grade of SD Inpres 12/79 CelluAbstract
This research is a Classroom Action Research (CAR) which aims to describe the improvement in social studies learning outcomes for the 5th Grade of students at SD Inpres 12/79 Cellu, Tanete Riattang Timur District, Bone Regency by applying the Small Group Type Active Learning approach. The focus of this research is the application of the Small Group Work Active Learning approach and the improvement of social studies learning outcomes. The setting for this research was SD Inpres 12/79 Cellu, Tanete Riattang Timur sub-district, Bone district. The subjects of this study were all of 17 students of the 5th Grade, and the homeroom teacher of the 5th Grade. The data collection techniques used were observation, testing and documentation. The data analysis technique used is a quantitative descriptive. The results showed that there was an increase, both in teacher and student activities and learning outcomes in social studies subjects from cycle I with Enough qualifications and in the cycle II increased to Good qualifications. Conclusion: the application of the Small Group Work Type of Active Learning approach can improve social studies learning outcomes for the 5th Grade students of SD Inpres 12/79 Cellu, Tanete Riattang Timur sub-district, Bone district.Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Dimyanti, M. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
FIP-UP. 2013. Program Bimbingan dan Karir Di Sekolah. Jakarta : DEPDIKBUD Dirjen Pendidikan Tinggi.
Gunawan, R. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. 2015. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Herlita, Ressica Okky. 2015. Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Jauhar, S., & Nurdin, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149.
Lestari, S. 2022. PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SEJARAH PADA MATERI KERAJAAN ISLAM MELALUI SMALL GROUP DISCUSSION. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 7(1).
Martinis Yamin, BI Ansani. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group.
Muhtadi Ali. 2010. Model Pembelajaran “Active Learning” dengan Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Prosiding). http://repository.upi.edu
Mulyasa E. 2011. Manajemen berbasis sekolah : Konsep, strategi dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Samadhi Ari. 2010. Active Learning. Jakarta: Teaching Improvement Workshop. Enginering Education Development Project.
Sardiman A.M. 2018. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Silberman, M., dan Muttaqien, R. 2019. Active learning : 101 strategi pembelajaran aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sinar. 2018. Metode Active Learning - upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinara Baru Algasindo.
Sugihartono.2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2017. Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata Nana Syaodih. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajars.
Susanto Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga, FORMAT VALIDASI LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.
Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar.
Wardhani IGAK. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka
Warsono dan Ariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yulinda, E. 2017. Penerapan Metode Small Group Work dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.