PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI SD 2 BAE, KECAMATAN BAE, KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Savira khusni Amalia Universitas Muria Kudus
  • Suad Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8854

Keywords:

Minat Belajar Anak; Pembelajaran SD; Peran Orang Tua

Abstract

Minat belajar di SD 2 Bae kelas V rendah dikarenakan orang tua siswa kurang menjalankan perannya. Siswa menjadi tidak terkontrol dan minat belajar anak menjadi rendah. Penelitian ini akan mengkaji lebih dalam mengenai peran orang, hambatan orang tua, upaya orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD 2 Bae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian berasal dari data primer (wawancara dengan 4 orang tua dan 4 Anak kelas V SD 2 Bae) dan data sekunder berasal dari wawancara guru, literatur berupa buku, jurnal dan artikel. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD 2 Bae berbeda dikarenakan kesibukan dan pengetahuan orang tua. Informan 1 menunjukkan bahwa orang tua DDK tidak menjalankan perannya dengan maksimal sehingga DDK tidak memiliki minat belajar. Informan II menunjukkan bahwa orang tua ZKD sibuk bekerja menjadikan ZKD tidak stabil dalam belajar, minat belajarnya tumbuh ketika ditemani dan dibimbing. Informan III menunjukkan bahwa orang tua AS menjalankan perannya dengan maksimal dan memberikan fasilitas yang lengkap, sehingga minat belajarnya tinggi. Informan IV menunjukkan bahwa orang tua ARA menjalankan perannya dengan mengingatkan ARA untuk belajar sehingga ARA memiliki minat belajar ketika orang tua telah megingatkannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Rahayu, F.R., Faiz A. 2021 Peran Orangtua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak SD (Studi Kasus Di Kelurahan Argasunya Yang Memiliki Angka Anak Putus Sekolah Yang Tinggi). Jurnal Kreatif. 11 (2): 115-119.

Amelia ,V. 2019. Desain Home Library Super Unik. Yogyakarta: Noktah. Hlm. 24.

Hardani, H.S., Ludang, Y., Rahan, N.W.S., Kuswari F. 2021. Student's Learning Interest and The Role of Parents On Student Learning Outcomes In Palangka Raya Elementary School. Acta Scientiae Et Intellectus. 7(2); 63-75.

Hero, H., Sni, M.E. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang, Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (2):129-139.

Utami, L.P, Ismaya, E. A, Ardianti, S.D. 2022. Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Kelas 4 SD N 01 Kepohkencono. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(1); 1823-1833.

Lutfi, A.M. 2020. Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. Pare-Pare: IAIN Pare-Pare Nusantara Press. Hlm 15-16.

Martadi. 2018. Orang Tua Adalah Pendidikan Utama Dan Pertama Bagi Anak. https://Dispendik.Surabaya.Go.Id/Orang-Tua-Adalah-Pendidikan-Pertama-Dan-Utama-Bagi-Anak/ . Diakses Pada 29 Desember 2022 Pukul 09.40 WIB.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. New York: Sage Publications.

Pertiwi, A. 2019. Keterkaitan antara Bimbingan Belajar dari Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Anak Kelas V Gugus Setiabudi, Juwana Pati. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwanti, 2020. Penerapan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Materi Lapisan Bumi. Jurnal Profesi Keguruan JPK. 6(2): 138-145.

Simamora, R. Saragih E.M. 2021. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Minat Belajar Anak Terhadap Hasil Belajar Anak. Jurnal Matematics Paedagogic. 6 (1): 45–52.

Yanti F.N., Sumianto, S. 2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Anak SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai,. 5(1):608–614.

Downloads

Published

2023-07-02