PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD ISLAM AL-MADINA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8835Keywords:
Hasil Belajar, Media Diorama, Pelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media diorama siklus air pada mata pelajaran IPA di SD Islam Al-Madina. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa di SD Islam Al-Madina banyak 76% siswa yang belum memenuhi KKM. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD Islam Al-Madina dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media diorama, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan nilai evaluasi. Terbukti pada hasil tes awal atau pra siklus, dari 18 peserta didik yang mengikuti tes, peserta didik yang tuntas belajarnya hanya 3 peserta didik dan 15 peserta didik tidak tuntas belajarnya. Dengan proporsi ketuntasan belajar 17%. Meningkat pada hasil tes siklus I ketuntasan mencapai 72.5% dan pada siklus ke II mencapai 88.5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diartikan bahwa penerapan media diorama siklus air dapat meningkatkan hasil belajar.Downloads
References
Abrar, A. (2018). Pengembangan Media Diorama Siklus Hujan Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. 5. https://repository.unja.ac.id/ 3828/1/ARTIKEL ABRAR AIDIL.pdf
Afifah et al. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 528-533.
Anggraeni, R., & Istianah, F. (2017). Penggunaan Mediao Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Daur Air Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).
Atminingsih, et al. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 141-148.
Hilda et al.(2022). Menjadi Guru Hebat Cakap Literasi, Cakap Numerasi, dan Berkarakter. Sukabumi: Haura Utama.
Kelana, J.B dan Duhita S.W. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Kunandar. (2012) . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. (2015). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936
Yufrinalis et al. (2021).Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53857
Zumarnis, W.A.A., & Husna, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Materi Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 350-359.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.