PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN PETOMPON 02

Authors

  • Ulya Aflahah Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8832

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Kotak Misteri, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media kotak misteri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II di SDN Petompon 02 Semarang tahun Peljaran 2023/2024 pada semester 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan Tindakan adalah peneliti dan wali kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes setiap siklus, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan PPKn yang diperoleh 28 siswa kelas II SDN Petompon 02 berdasarkan hasil nilai ulangan harian tema 5 subtema 4 pada prasiklus 32,1% (tuntas) dan 67,9% (tidak tuntas). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kotak misteri hasil belajar kognitif meningkat siklus 1 memperoleh ketuntasan sebesar 64,3% (tuntas) dan 35,7% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siklus II dengan capaian ketuntasan sebesar 89,3% (tuntas) dan 10,7% (tidak tuntas). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kotak misteri dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas II di SDN Petompon 02.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi, M. (2021). Penerapan Model Means-Ends-Analysis Dengan Berbantuan Media Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 6 (4), 191-200.

Amir et al,. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 1(1), 45–51.

Nurwidyaningrum et al,. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Melalui Media Kotak Kartu Misterius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bogorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1955-1965.

Saputro, O.A., & Rahayu, T.S.(2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Silvia, N., & Jarnawi, M. (2021). Penggunaan Media Kotak dan Kartu Misterius Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online,9(2), 86-90.

Uno, H. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni et al,. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas I SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Wulandari et al,. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929- 3936.

Downloads

Published

2023-07-02