PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS I SD SARIREJO SEMARANG

Authors

  • Mayky Verra Angelia Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8800

Keywords:

Media Benda Konkret, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan media pembelajaran benda konkret pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV.  Jenis penelitian yang digunakan di adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I di SD Sarirejo Semarang tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 20 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan wali kelas I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes setiap siklus  dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang dimana tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar kognitif terlihat dari siklus I mata pelajaran matematika dari 20 siswa yang tuntas 12 siswa dan tidak tuntas 8 siswa dengan persentase 60% belum memenuhi batas minimal ketuntasan klasikal, selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas 17 dari 20 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa dengan persentase 85% sudah memenuhi batas minimal ketuntasan. Bahwa pada hasil refleksi siklus II menunjukkan telah tercapai ketuntasan klasikal dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2017). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. doi: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.

Daryanto & Mulyo, R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hamid. (2013). Peningkata Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo. Jurnal Al-Khmwarizmi, II (I), 103-118.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung : Rosdakarya.

Ningsih, S., Amaliyah, A., & Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Perkembangan Diri, 2(1), 44-48.

Rahmiati et al. (2022). Pengaruh Penerapan Media Konkret pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I MI An-Nidhom Kebunrejo Genteng. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61-72.

Ramiati, et al. (2022). Pengaruh Penerapan Media Konkret pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I MI An-Nidhom Kebunrejo Genteng. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61-72.

Setiawan, W. (2021) Matematika Pada Sekolah Dasar Di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12-22.

Setyosari, P.(2014).Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Sidabutar, M.N.A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Konkret pada SD Kartika 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2022/2021. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 149-152.

Siregar, N.F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(2), 74-84.

Sunipah. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurnagan Bilangan Sampai 20 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Sedotan Plastik pada Siswa Kelas 1 SD 1 Juranf Gebog Kudus Tahun 2018/2019. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 1(3), 109-121.

Wahyuningsih, et al.(2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Matematika, 3 (2), 52-63.

Downloads

Published

2023-07-02