PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 91 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8569Keywords:
Metode Hypnoteaching, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IP AAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kreatif belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 91 Palembang. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu metode hypnoteaching dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif. Jenis metode penelitian ini metode eksperimen dengan desain quasi experimental design. Populasi dalam peneliti ini adalah siswa kelas V berjumlah 75 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Dari hasil post-test kelas kontrol adalah 52,40 dan kelas eksperimen adalah 88,00. Kemudian rata-rata hasil uji N-Gain skor sebesar 0,814 dikategorikan tinggi. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kreatif belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 91 Palembang. Kata Kunci: Metode Hypnoteaching, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPADownloads
References
Ishak. (2019). Efektivitas Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. AKSIOMATIK: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 6, 25-32. Retrieved from https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Nainggolan, J., Pardede, S., & dkk. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi. JPPE, 1, 45-54. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/entrepreneurship/article/view/983
Pristiwanti, D., Badariah, B., & dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 7914-7915. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322
Putri, L. R. (2020). Pengaruh Pariwisata Terhadap Peneingkatan PDRB Kota Surakarta. Cakra Wisata, 21, 43-49. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/41082/27019
Siregar, H. T., Taringan, J. E., & Taringan, H. Y. (2022). Perbaikan Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Materi Jenis-Jenis Daun Di Kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan. ILMIAH, 6, 77-86. Retrieved from http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i1.720
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. (A. Nuryanto, Ed.) Bandung: Alfabeta.
Zega, W. E., Nainggolan, J., & Surbakti, M. B. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Swasta Permata Kasih. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sain dan Teknologi, 9, 404-414. doi:10.47668
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.