PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING

Authors

  • Zihan Siva Silviyanti Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Geri Syahril Sidik PGSD FKIP Universitas Perjuangan
  • Riza Fatimah Zahrah SDN 1 Rajadatu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8517

Keywords:

pemahaman konsep, perkalian bilangan cacah, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah siswa kelas IV di SD 1 Rajadatu menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Pemahaman konsep perkalian merupakan dasar penting dalam pembelajaran matematika tingkat lanjut, namun peserta didik menghadapi kesulitan dalam memahami konsep ini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 1 Rajadatu tahun akademik 2022/2023. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari tahap prasiklus ke siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai siswa pada prasiklus adalah 67,85. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,33, dan pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi 86,42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah siswa kelas IV di SDN 1 Rajadatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar. Collase, 02, 192.

Darmin, dkk. (1991). Pendidikan matematika 2. Jakarta: Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 175.

Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari . Jurnal Pendidikan Matematika, 230.

Faujiah, S., & Nurafni. (2022, july). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 839.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 34.

Hasibuan, M. Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). 1-12.

John A. Van De Walle. (2011). Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 17-38.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 91-100.

Mardiana, D., Fitriani, R. S., & Lesmana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Silogisme, 3(3), 90-91.

Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. (2020). Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng Pada Siswa Kelas III SD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. Jupika, 3(2), 68.

Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment Dalam Proses Pembelajaran Matematika. JP2, 2(3), 404.

Sabekti, Ardi Widhia, R. Dinda Rahma Andyani Juniar. (2016). Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Membangun Pembelajaran Bermakna pada Kimia. Jurnal Zarah, 4(1), 25-33.

Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461- 470.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(01), 39.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3, 106-111.

Yuliani, E., Syaban, M., & Anita, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Educare, 106-107.

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2020). a Contextual Problem Based of Local Wisdom Improve the Ability to Solving a Word Problem Mathematics Students of Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 55.

Zahrah, R. F., & Herman, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 119-126.

Zahrah, R. F., & Suryana, Y. (2019). Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 69-75.

Downloads

Published

2023-07-02