PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ummi Latifaturrodhita Ummi Latifaturrodhita Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Linggo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8512

Keywords:

Scrapbook Media, Reading Comprehension Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh scrapbook sebagai media keterampilan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kecamatan Krembung yang terdiri dari dua kelas sebagai kelas eksperimen yang datanya di amblil secara acak. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes. Instrument pengumpulan data menggunakan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif. Hasil pengujian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan One Way Anova. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan independent sample t-test. Hasil analisis kemudian diuji dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Hasil uji t menunjukkan tingkat signifikansi < 0,05. Artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan media scrapbook terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. 2022. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4): 5573–81.

Amalina, Aulia Fatwa. 2020. “Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Health Sains 1(5): 468–78.

Asih, Pratitis Kusumaning, Shanty Hawanti, and Okto Wijayanti. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan Membaca.” Indonesian Journal of Primary Education 4(1): 87–100.

Aswat, Hijrawatil, and Andi Lely Nurmaya G. 2019. “Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(1): 70–78.

Cahyani, Inggrid Dwi, Lukman Nulhakim, and Rina Yuliana. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi Siswa SD.” 9(2): 337–43.

Dede Ilah Warsilah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca.” Seminar Nasional Pendidikan: 167–74.

Dewi, Sinta Maria, Anggy Giri Prawiyogi, Aang Solahudin Anwar, and Cici Sri Wahyuni. 2021. “Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1): 453–55.

Ge, Z.-G. 2019. “Apakah Ketidakcocokan Antara Preferensi Media Pembelajaran Dan Media Pembelajaran Yang Diterima Berdampak Negatif Terhadap Prestasi Akademik? Eksperimen Dengan E-Pelajar.” Interactive Learning Environments: 17.

Guntur, Tarigan Henry. 2021. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Lasmini, Kadek Mita, Ni Ketut Suarni, and I Wayan Widiana. 2022. “Scrapbook Sebagai Buku Digital Berbasis Literasi Di Kelas III Siswa Sekolah Dasar.” : 259–66.

Ningsih, Indah Dwi. 2021. “Pengembangan Media Scrap Book Berbasis Cerita Berseri Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas II Sd/Mi.” : 59. http://repository.radenintan.ac.id/15356/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/15356/1/SKRIPSI 1-2.pdf.

Nirmala, Sri Dewi. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Se-Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(2): 44–58.

Rahmawanti, Novi, Mohan Taufiq Mashuri, and Nurjanah Nurjanah. 2020. “Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga.” Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6(2): 94.

Rosihah, Ida, and Aan Subhan Pamungkas. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 4(1): 35.

Rostanti Nurul Afifah1*, Odin Rosidin2, Rina Yuliana3. 2022. “Media Read & Play Berbasis Game Edukasi Untuk Menumbuhkan Minat Baca Di Kelas 2 SD.” UNIMMA 14(02): 157–74.

Sefrianah, Nur Aisyah, Suyono, and Kusubakti Andajani. 2018. “Pengaruh Strategi DRTA Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Jenjang SD, SMP, Dan SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(2): 229–37.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: alfabeta.

Tri Widiastuti. 2023. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK PADA KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR.” 6(1): 1–9.

Tusfiana, Intan Ayu, and Dewi Tryanasari. 2020. “Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa SD.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2: 78–85. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.

Zuhriyah, Mukminatus. 2017. “Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill.” Jurnal Tadris Bahasa Inggris 10(1): 119–34.

Downloads

Published

2023-06-18