PENGUNAAN MEDIA COLORED STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS I SDN GABUSBANARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8429Keywords:
Colored Stick, Subtraction and Addition, MathematicAbstract
This study aims to improve the ability of students in the learning process, namely the use of colored stick media to improve the ability to calculate addition and subtraction operations in mathematics lessons for first grade students at SDN Gabusbanaran. The results obtained in the use of this media are growing rapidly so that students can master the material so that the changes obtained are 100%. And this research uses classroom action research (PTK) techniques.Downloads
References
Asisah Nur Fariana. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Kelas V SD Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, Volume 2 Nomor 1. P ISSN: 2527-578X, E ISSN: 2715-6818.
Bijanti, (2023). Model Pemebelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Tentang Masa Penjajahan Belanda Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7 Nomor 1.
Dian Novita Fitriani. (2018). Kajian Tentang Oral Document Tinjauan Pada Gerakan Dokumentalis Baru. Visi Pustaka, Volume 2 nomor 1
Gustina, (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning,. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7 Nomor 1.
Irianto Aras, (2020). Pembelajaran Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Mengunakan Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Volume 9 Nomor 1, Hal.13-28.
Listiani, Bambang Suroso, (2020). Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Sekolah SMP Muhamadiyah Rawalo, Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3 Nomor 1.
Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Idaarah. Volume 1 Nomor 2.
Maiyida Safira. (2022). Pengenalan warna melalui media stick warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun.
Miftahul Janah. (2021) Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. ISBN 978-602 5799- 68-6. Medan Sumatra Utara: Wal ashri Publishing. Halaman 1-159.2-03-2022.
Nurjanah. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda. Jurnal Mahasiswa. Volume 1. Halaman 117-128. 1-11-2021.
Punaji Setyosari. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inivasi Dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1 Nomor 1.
Siti Nurhasanah, & Agus Jayadi. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Suryanto, (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Tentang Pengukuran Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpd (Jurnal Pendidikan Dasar), DOI: doi.org/10.21009/JPD.082.12, 124-134.
Talizaro Tafonao, (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, Volume 2 nomor 2.
Yulistiana, Agung Setyawan. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Jurnal Prosiding Naisional Pendidikan. Volume 1 Nomor 1. Halaman 590-597.07-04-2020.
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Jurnal Uin Sunan Gunung Djati. Halaman 1-6.28-08-2020.
Zulkifli Nasuition, (2017). Konsep interaksi edukatif dalam pendidikan islam. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan.
Volume 2 Nomor 4. Juli - Agustus 2017. ISSN 2541 - 3538
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.