PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8390Keywords:
Pendidikan karakter, sekolah penggerak, kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan Pendidikan karakter di sekolah-sekolah Penggerak. Sejalan filosofi Ki Hajar Dewantara, Pendidikan bertujuan untuk menuntun murid mencapai kebahagiaan dan keselamatan sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, seyogyanya guru sebagai penuntun mempunyai kemampuan pedagogic dalam mengantarkan murid mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian disini menggunakan metode kajiann literatur, menganalisis hasil penelitian-penelitian terkait penerapan Pendidikan karakter di sekolah-sekolah penggerak. Hasil penelitian literatur menunjukan bahwa Pendidikan karakter sudah diterapkan dalam proses pembelajaran, ekstrakurikuler dan ko kurikuler. Pendidikan karakter telah mendorong murid mampu bernalar kritis, kreatif, berkebhinekaan global, dan kolaboratif.Downloads
References
Asbari, Arsyad Firdaus (2023) Kurikulum Merdeka dan Keunggulannya dalam Penciptaan Perubahan di Dunia Pendidikan. SMP Bisnis Aya Sophia Islamic School, 2963-3176
Baharuddin, M (2021) Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program StudiUniversitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia
Indriani, Nina : et al (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, : 2807 – 1379
Jannati, Putri : et al (2023) Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Mahasiwa PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2620-5807
Nurdiana, sar : et al , Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah dasar Pada Kurikulum Merdeka,Universitas Muria Kudus.
Marisa, Mira (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0 Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0 Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, FITK, UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan. 2541-6130
Rahayu, restu : et al . (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia) 6313 – 6319
Sumarsih, Ineu : et al ( 2022)Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. 8248 – 8258
Santoso, Gunawan : et al (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Universitas Muhamamdiyah Jakarta, Indonesia. 2963-3176
Solehudin, deni (2022) Konsep Implementasi Kurikulum Prototype, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, 7486 – 7495
Tono Supriatna Nugraha , Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Yaripudin : et al ( Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Zahroul Fitriyah, Chumi : et al (2022) Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jember
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.