PEMILIHAN BAHASA DALAM STRATEGI MARKETING PENGIKLANAN PRODUK SPRITE MELALUI MEDIA TELEVISI

Authors

  • Adelita Zahrah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Fitri Aulia Wardah
  • Fhaya Frastystyandarum
  • Silvia Anggreani
  • Putri Imalya A.M
  • Endang Sholihatin

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8307

Keywords:

Pemilihan Bahasa, Strategi Marketing, Pengiklanan Produk, Sprite, Media Televisi, Minat Konsumen

Abstract

Pada saat ini perusahaan dituntut untuk memiliki keseimbangan finansial dan ketahanan strategi untuk mempertahankan suatu pasar sehingga membentuk arus keuangan secara baik dan stabil. Berbagai pihak yang terjun langsung pada pasar mencoba untuk memainkan berbagai strategi marketing yang dapat menarik para konsumen untuk membeli produk. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pemilihan bahasa yang digunakan dalam strategi pengiklanan produk sprite melalui media televisi; dan 2) Untuk mengetahui apakah pemilihanbahasa yang digunakan dalam pengiklanan produk sprite melalui media televisi berhasil menarik minat konsumen atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode campuran, pengumpulan data dengan observasi dan gform untuk menggali informasi tentang pemilihan bahasa yang digunakan dalam iklan Sprite, serta dampaknya pada minatkonsumen. 1) Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemilihan bahasa iklan Sprite menggunakanbahasa yang kreatif, menarik, dan mudah diingat yang melibatkan emosional konsumen. 2) Keberhasilan iklan Sprite dalam menarik minat konsumen dapat diukur dari meningkatnya penjualan produk dan terbentuknya kesan positif konsumen.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adelita Zahrah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

   

Fitri Aulia Wardah

   

Fhaya Frastystyandarum

   

Silvia Anggreani

   

Putri Imalya A.M

   

Endang Sholihatin

   

References

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.

Brown, R. M. (1989). Language: The Roadmap of Culture. Journal of Advertising, 18(4), 59-68.

Siregar, S. H. (2020). Bahasa dan Media Sosial pada UU ITE Pada Kasus Ahmad Dhani. Nady Al-Adab:

Jurnal Bahasa Arab, 17(2), 25-35.

Hasuna, K., & Humaidi, A. (2018). Faktor Penentu Pilihan Bahasa pada Masyarakat Multibahasa di Pasar Kemakmuran Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 191–121.

https://doi.org/10.33654/sti.v3i2.95 8

Em, S., & Friburgo, N. (1995). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of

Hamburg, 2(4), 1–37.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2020). Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online. Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online, 3, 11– 30.

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Assauri. (2012). BAB II Tinjauan Pustaka_ 2010isa.pdf. Apriani, 1969, 9–66.

Gabetta. (1989). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造

分析Title. NBER Working Paper Series, 58(58), 99–104. https://www.unhcr.org/publications /manuals/4d9352319/unhcrprotection- training-manualeuropean-border-entry-officials-2legal.html?query=excom 1989

Smith, J. (2018). The Power of Language in Advertising: Persuasive Techniques in TV Commercials. Journal of Advertising Research, vol.45. no. 2, pp. 205-

Downloads

Published

2023-06-19

Most read articles by the same author(s)