PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8168Keywords:
Komunikasi Matematis, Project Based Learning, Sekolah DasarAbstract
Kemampuan komunikasi matematis yaitu mencerminkan seberapa jauh pemahaman matematis peserta didik, maka penting bagi guru untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di awal kegiatan pembelajaran yang menunjukkan bahwa komunikasi matematis peserta didik yang masih kurang. Perlu adanya proses pembelajaran yang inovatif yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, salah satunya penerapan problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian berikut yaitu Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian yang akan dilakukan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Ledok 01 Kota Salatiga sebanyak 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pada awalnya hanya 12% pada siklus pertama kemudian mengalami peningkatan menjadi 75% siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam tingkat baik dan sangat baik atau dikatakan tuntas pada siklus kedua. PjBL mendorong peserta didik untuk aktif bertanya baik dengan guru ataupun teman sejawat. Peserta didik juga lebih memahami tujuan dari soal sehingga peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan baik dan runtut. Peserta didik juga berkesempatan untuk menuangkan ide-ide yang mereka punya untuk mempermudah pengerjaan tugas mereka.Downloads
References
Buku:
Arikunto, S., Suhardjono, & Suryani. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jurnal:
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.
Ana, S., Negara, H. S., & Wati, N. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu komik matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3326
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438
Ariyanto, A., Sutama, & Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Penguatan Karakter Kemandirian. 9(2), 2356–3451.
Firman, Desyandri, & Ovartadara, M. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik :Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 8(2), 2667–2678.
Husna, E. N., Rezani, R. M., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1526–1539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/618/545
Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773
Ningsih, R. M., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2756–2767. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.763
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., & Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1884
Rahmawati, D. N. U., Dorisno, & Frasandy, R. N. (2023). NTERNALISASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28–36.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95
Zakeus, S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Journal of Comprehensive Science, 1(4), 482–503.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.