PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA JARIMATIKA DAN PAPER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mita Dwi Safitri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8111

Keywords:

metode demonstrasi, media jarimatika dan papan perkalian (paper), hasil belajar

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dimana aktivitas guru pada materi perkalian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media jarimatika dan PAPER (papan perkalian) pada siklus II dari persentase siklus 1 sebesar 79,1% menjadi persentase siklus 2 sebesar 94,44%. Siswa yang mengajukan pertanyaan pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 8,34% dan 30, 55%, kemudian dari siswa yang mengajukan jawaban pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 13,89% dan 25%, dan yang terakhir dari siswa yang mengerjakan soal pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 27,78% dan 100%. Dari hasil belajar siswa bahwa nilai maksimal siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari 75% menjadi 100%, nilai rata-rata kelas dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari 66,09% menjadi 94,68%, dan yang terakhir tingkat ketuntasan siswa meningkat dari 25% menjadi 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada media group.

Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81–89. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V9i1.270.

Annisa, F. N. , K. S. , & A. A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Pengajaran Mipa, 19(1), 88–93. Https://Doi.Org/10.18269/Jpmipa.V19i1.429.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i1.707.

Dewiyanti, N. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i1.13977.

Elinawati, W. , D. H. J. , & J. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. Https://Doi.Org/10.31539/Judika.V2i1.701.

Fauhah, H. , & R. B. (2021). (2021). Analisis Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. 9, 327-328.

Ika. R. S. (2016). Pengelolaan Kelas Guru Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol.2 No.3.

Khamidin, A. (2017). Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pengembangan Dan Pendidikan, Vol 3. No 1. Hal 48-55.

Mariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599.

Masduri, M. (2014). Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan,3(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V3i2.64.

Muslich. (2009). Meningkatkan Pemahaman. Ria Jaya.

Nahdi, D. S. , Y. D. A. , & A. N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i2.1050.

Netriza, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 166–174. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i1.6482.

Nugroho, A. S. (2013). Peningkatkan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11.

Nurmitasari. (2016). Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Demonstrasi Melalui Alat Peraga Konkrit dan Alat Peraga Gambar. E-DuMath, 2(1), 170–178. Https://Doi.Org/10.26638/Je.170.2064.

Popiyanto, Y. , & Y. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas II.

Pramana, I. N. I. , S. I. I. W. , & S. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Yang Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV DI SD Wongaya Gede Tahun Pelajaran 2012/2013. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.4540.

Prasetyono, D. S. dkk. (2008). Pintar Jarimatika. Diva Press.

Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Metode Demonstrasi Dan Media Garis Bilangan Kelas IV SD Negeri 2 Geneng Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 11–17. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.5.1.11-17.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Rizkiana, F. , D. I. W. , & M. S. (2016). Pengaruh Praktikum Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354 – 362. Https://Doi.Org/10.17977/Jp.V1i3.6161.

Sopia, H. F. , & W. D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V10i2.9139.

Srininsih, E. (2015). Penerapan Teknik Vokal yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VII Bilingual di SMPN 4 Mataram. Jurnal Kependidikan, 1(2). Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V1i2.416.

Suharsimi. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. PT Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. . Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-12