PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF TEMPEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA SISWA KELAS 1 SDN PUCANGSEWU TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8038Keywords:
Keywords: Beginner Reading Ability, Letter Card Media, Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemula, Media Kartu HurufAbstract
ABSTRACT This study aims to improve the reading skills of first grade students at SDN Pucangsewu by applying letter cards as media. This research is a class action research (CAR) that uses the Kemmis & Taggart model design. The research subjects were 24 grade I students at Pucangsewu Elementary School for the 2022/2023 school year. Data collection techniques used are observation and tests. The instruments used were observation sheets, test questions, and reading test assessment sheets. The collected data is presented with a descriptive technique. The results of the study showed that the letter card media could improve the reading skills of first grade students at Pucangsewu Elementary School. The increase in reading ability can be seen from the average values before being given action of 59.3% which is in the sufficient category, then it increases in cycle I to 71.3% which is in the good category, in cycle II it still increases again to 83, 3% which is in very good category. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa kelas I SDN Pucangsewu dengan menerapkan media kartu huruf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan desain model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas I SDN Pucangsewu tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan lembar penilaian tes membaca. Data yang terkumpul disajikan dengan Teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa kelas I SDN Pucangsewu. Peningkatan kemampuan membaca dapat dilihat dari nilai-nilai rata-rata sebelum diberikan tindakan sebesar 59,3% yang termasuk kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71,3% yang termasuk kategori baik, pada siklus ke II masih meningkat lagi menjadi 83,3% yang termasuk kategori baik sekali.Downloads
References
Bayu Utami Negeri, D. S. (2020). Penerapan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Sumilir Purbalingga tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 2774–2156.
Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Logaritma, I(02), 1. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3564
Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918
Novita Dian DwiLestari, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, & Suharmono Kasiyun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.