MENINGKATAN PRESTASI DAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN UKURAN MELALUI MODEL SYNETICK PADA SISWA KELAS ISDN 1 PLOSO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7915Abstract
ABSTRACT In learning Mathematics Class 1 Semester 2 academic year 2022/2023 at SDN 1 Ploso Pacitan, comparing the measures applied so far in the teaching and learning processobtained unsatisfactory results even though the teacher had tried to use differentiated media, but the learning model was still conventional. learning outcomes wereunsatisfactory, so we held PTK with the method (collaboration classroom action research), namely collaboration with supervising teachers that aims to improve or enhance the quality and learning process in the classroom. Cycle 1 was 68.70 with the highest score of 80 and the number of students who completed their studies was 12students, while in cycle 2 the average student test score increased to 77.18 with the highest score of 90 and students who completed their studies were 25 students. showsthat learning to compare sizes through the synectics model can improve the mathematicslearning achievement of grade 1 students at SDN 1 Ploso Pacitan. ABSTRAK Pada pembelajaran Matematika Kelas 1 Semester 2 tahun pelajaran 2022/2023 di SDN 1 Ploso Pacitan , tentang membandingkan ukuran yang diterapkan selama ini dalam proses belajar mengajar memperoleh hasil yang kurang memuaskan meskipun guru sudah berusaha mengunakan media yang berdiferensiasi,namun model pembelajarannya masih konvensional.Dengan hasil pembelajaran yang kurang memuaskan maka kami mengadakan PTK dengan Metode (callaboration classroom action research ), yaitu kolaborasi dengan guru pembimbing yang bertujuanuntuk memperbaiki atau meningkatkan mutu dan proses pembelajaran di kelas.Setelah diterapkan Pembelajaran Membandingkan ukuran Melalui Model synectics aktivitas dan hasil prstasi meningkat. siklus 1 sebesar 68,70 dengan skor tertinggi 80 dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa, sedangkan pada siklus 2 rata-rata skor tes siswa meningkat menjadi 77,18 dengan skor tertinggi 90 dan siswa tuntas belajar sebanyak 25 siswa,menunjukkan bahwa Pembelajaran Membandingkan ukuran melalui model synectics dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 SDN 1 Ploso Pacitan.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu
Widiawati, W., Syamsurizal, S., & Ardi, A. (2019). The Analysis of Creative Thinking Ability of VII Class Student in Biology Learning at SMPN 25 (Junior High School 25) Padang. Atrium Pendidikan Biologi, 4(4), 75–84.
Carin, A.A. & Sund, R. ., & Isti, S. N. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PGSD, 1(2), 1–14.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.
Agustina, S., Pasaribu, M., & Saehana, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4SD Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 42. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i2.6059
Rumbekwan, Y. O., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VI SD 11 Manokwari. JIPVA (Jurnal Pendidikan Mtk Veteran), 2(1), 25. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.566
Aztry, A. (2014). Keefektifan Model Sinektik Dan Penemuan Konsep Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Tingkat Kemandirian Siswa Kelas Vii Smp. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.