PENGARUH METODE PROJECT-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 13 MUARO KABUPATEN SIJUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7548Keywords:
Kata Kunci : Project-Based Blended Learning, Motivasi dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan guru lebih dominan pada metode ceramah, guru mendominasi pembelajaran sehingga peserta didik bersifat pasif serta mendengar dan duduk diam saat guru menyampaikan materi. Pembelajaran bersifat teacher-centered sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton, peserta didik tidak termotivasi sehingga keaktifannya di dalam pembelajaran tidak terlihat. Selain itu kemampuan guru dalam penggunaan media alat-alat IT dimasa era digital dan lemahnya guru dalam memberikan kreativitas peserta didik dalam memberi tugas berbentuk proyek membuat pembelajaran menjadi kurang bermakna yang berpotensi menyebabkan kompetensi ranah pengetahuan peserta didik menurun. Motivasi belajar peserta didik juga belum baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. Model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu model Project Based Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Blended Learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 13 Muaro Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V.A dan V.B SD Negeri 13 Muaro sebanyak 58 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 2,884 > 2,055, maka Ha diterima. (2) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning terhadap hasil belajar peserta didik belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 4,638 > 2,055, maka Ha diterima; (3) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik diperoleh Fhitung 5,672. > 3,28. maka H1 diterima. Kata Kunci : Project-Based Blended Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan guru lebih dominan pada metode ceramah, guru mendominasi pembelajaran sehingga peserta didik bersifat pasif serta mendengar dan duduk diam saat guru menyampaikan materi. Pembelajaran bersifat teacher-centered sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton, peserta didik tidak termotivasi sehingga keaktifannya di dalam pembelajaran tidak terlihat. Selain itu kemampuan guru dalam penggunaan media alat-alat IT dimasa era digital dan lemahnya guru dalam memberikan kreativitas peserta didik dalam memberi tugas berbentuk proyek membuat pembelajaran menjadi kurang bermakna yang berpotensi menyebabkan kompetensi ranah pengetahuan peserta didik menurun. Motivasi belajar peserta didik juga belum baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. Model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu model Project Based Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Blended Learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 13 Muaro Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V.A dan V.B SD Negeri 13 Muaro sebanyak 58 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 2,884 > 2,055, maka Ha diterima. (2) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning terhadap hasil belajar peserta didik belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 4,638 > 2,055, maka Ha diterima; (3) terdapat pengaruh metode Project Based Blanded learning yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik diperoleh Fhitung 5,672. > 3,28. maka H1 diterima.Downloads
References
Agustiana, I., & Gusti, A. (2014). Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Alfendri, Yogica, & Lufri. (2018). Pengembangan Multi Media Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Disertai Metode Drill tentang Materi Sistim Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI. Bioeducation Journal. 2. (2): halaman 197-207.
Chiappeta, E. L., & Koballa, T. R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondinary Schools Developing Fundamental Knowledge and Skills. USA: Pearson Inc.
Fahrina, A., Karla, A., & Cut, R. Z. (2020). Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hamalik, Oemar. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono & Rustaman, N. (2008). Pembelajaran Blended Learning pada mata Kuliah Praktikum IPA: Studi Ujicoba Lapangan Pembelajaran online pada S1 PGSD. Jurnal Forum Kependidikan Online Volume 28 (1): 17-25.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 1 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.
Indrayani, Etin. (2007). E-learning: Konsep, dan Strategi Pembelajaran di Era Digital (Implementasi pada Pendidikan Tinggi). Jurnal Ilmiah Visioner Tahun 2007.
Listriyani, Sri. (2020). Panduan Penulisan Proposal dan TAPM. Tangerang Selatan: Univrsitas Terbuka.
Mahdiyah. (2016). Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mulyani, Sri. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug, Jurnal Pendidikan Kimia 2(4): 66-7.
Nasution, Nurliana, dkk. (2019). Buku Model Blended Learning. Pekan Baru Riau: Unilak Press.
Nur, Kholifah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI TEI Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Dan Interface Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 975-982.
Purmadi, A., Hadi, M., & Najwa, L. (2018). Pengembangan Kelas Daring dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edomtech, III(2), 135-140.
Rian, Iwinsyah. (2020). Menakar Konsep. MERDEKA BELAJAR. Diunduh 2 Desember 2021, dari situs Word Wide Web: https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/.
Rizkiyah, Apriliya. (2015). Penerapan Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15), 66-67.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salis, Miftah. (2019). Kemendikbud Telah Serahkan Hasil UNBK SMA/SMK/MA 2019 ke Pemda: Rata-rata Nilai UN Meningkat. Jawa Barat: Tribunnews.com.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Shihab, Najelaa. (2017). Merdeka Belajar Di Ruang Kelas. Tangerang Selatan: Kampus Guru Cikal.
Sitiatava, Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Sjukur, Sulihin. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta didik Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 368-378.
Solahudin, Dindin, dkk. (2020). Analisis Kepemimpinan di Indonesia dalam Kerangka Tanggap Darurat Covid-19. Penulisan Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Masa Work From Home. Tahun 2020, I(1), 1-8.
Som, Naidu. (2006). E-Learning. A guidebook of principles, procedurs and practices (revised edition). New Delhi: Commenwealth Educational Media Center.
Sukmadinata, N., S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Syarif, Izuddin. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 234-249.
Tubagus, Panambaian. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Analytica Islamia: Vol. 22. No. 1 January-June 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.