PROSES PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN CIPOCOK JAYA 1

Authors

  • Irfi Maulana Irfi
  • Damanhuri PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indhira Asih Vivi Yandari PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7409

Keywords:

Pendidikan Karakter, Tangggung Jawab, Pemberian Tugas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penguatan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik melalui pemberian tugas pada kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deksriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini oleh Miles and Huberman melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencanaan  yang sudah dilakukan dengan teknik wawancara secara mendalam dengan narasumber sebagai bentuk pencarian data dan observasi langsung di lapangan yang kemudian peneliti analisis. Analisis pendidikan terfokus pada mengimplementasikan karakter tanggung jawab melalui pemberian tugas belajar peserta didik. 2) pelaksanaannya dengan memberikan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya, dilatih secara konsisten dan kemudian barulah menjadi karakter peserta didik. Guru sangat berperan dalam penguatan pendidikan karakter bagi peserta didiknya. 3) dampak perkembangan dari proses pelaksanaan pendidik karakter yang dilakukan kepada peserta didik untuk memperkuat karakter melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi) dengan adanya dukungan melibatkan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat untuk mengembangkannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penguatan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik kelas IV SD melalui pemberian tugas belajar sudah baik dari segi perencanaan, pelaksanaan serta dampak bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hosnan, M. (2016). Etika Profesi Guru. Bogor: Ghalia Indonesia

Husein, L. (2017). Profesi Keguruan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nurdin, S dan Adrian, R. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta

Supardi, dkk. (2008). Profesi Keguruan Berkompetensi dan Bersertifikat. Jakarta: Diadit Media

Supradie, D. dkk. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Usman, M. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiyani, N. A. (2015). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gaya Media

Downloads

Published

2023-05-20