PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN SUKASARI)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7292Keywords:
Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe STAD, Multimedia Interaktif, Matematika, Kemampuan HOTS.Abstract
Implementasi pendidikan abad 21 salah satunya diarahkan pada pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). HOTS merupakan kompetensi penting yang diharapkan muncul sebagai hasil dari proses pembelajaran termasuk dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk : (1) membuktikan pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan HOTS siswa; (2) membuktikan pengaruh model cooperative learning tipe STAD pada terhadap kemampuan HOTS siswa; (3) Menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan pengaruh antara model problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan model cooperative learning tipe STAD terhadap kemampuan HOTS siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-postest kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD pada 11 Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta. Sampel dipilih dengan teknik random sampling. SDN 2 Sukasari sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Ciririp sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan postets untuk mengukur kemampuan HOTS siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan HOTS siswa, (2) Terdapat pengaruh model cooperative learning tipe STAD terhadap kemampuan HOTS siswa, dan (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan model cooperative learning tipe STAD terhadap kemampuan HOTS siswa. Kemampuan HOTS siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD.Downloads
References
Aiman, U. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MI Negeri 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2). https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-19
Anwar, M., & Puspita, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia. Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-An. https://www.researchgate.net/publication/329164521
Arsil, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905
Caesariani, N. A. (2018). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/30
Fajriyah, K., & Agustini, F. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School, 5, 1–6.
Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Revolusi Industri 4.0 (B. S. Fatmawati, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (L. I. Darojah, Ed.; 1st ed.). PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E., Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran (N. N. Muliawati, Ed.; 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran: Sesuai Kurikulum 2013 (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Purnomosidi, Wiyanto, Safiroh, & Ida Gantiny. (2018). Buku Guru Senang Belajar Matematika (Rahardjo. Swarsono & T. Arindah, Eds.). Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Rahmawati, N. D. (2020). Pengembangan dan Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 1). Deepublih.
Sarawasti, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 257–269. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Sekarwangi, T., Eddy Sartono, K., Mustadi, A., & Dasar, P. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning-Based Interactive Multimedia for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 308–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Setyawan, I. A. (2020, May 27). Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri Kelebihan Kekurangan dan Langkah Lengkapnya. Gurudigital.Id. https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihan-kekurangan-langkah/
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Model model-model pembelajaran (1st ed.). Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag RI.
Suhardi, D. (2019). Cooperatif learning Model: Solusi Peningkatan Hasil Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/berita/detail/cooperative-learning-model-solusi-peningkatan-kualitas-hasil-belajar-dan-pembentukan-karakter-siswa
Tim Puspendik. (2019). Paduan Penulisan HOTS-Higher Order Thinking Skills (Asrijanty & D. Hadiana, Eds.). Pusat Penelitian pendidikan.
Toheri, & Muchyidin, A. (2019). Panduan Pelatihan Penyusunan soal HOTS Matematika. CV.Confident. http://repository.syekhnurjati.ac.id/3272/1/Buku panduan Toheri.pdf
Tuah, & Siska, Y. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 23–27.
Yulianto, T., Pramudya, I., & SLAMET, İ. (2019). Effects of the 21st century learning model and problem-based models on higher order thinking skill. In International Journal of …. dergipark.org.tr. https://dergipark.org.tr/en/pub/ijere/article/629084
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.