PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rafiqoh Nurul Ardiana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Neneng Sri Wulan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Hisny Fajrussalam PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7093

Keywords:

media pembelajaran, big book, keterampilan membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan yang masih banyak siswa kelas 1 alami. Kesulitan membaca permulaan diakibatkan oleh berbagai faktor contohnya yaitu faktor internal yaitu rasa malas dan faktor eksternal memliki permasalahan kesehatan. Selain itu juga terdapat faktor intelektual yang mencakup tingkat kecerdasan siswa dan faktor lingkungan yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendukung terhadap motivasi dan peningkatan kemampuan membaca serta keadaan ekonomi keluarga yang kurang memadai. Peneliti memilih metode penelitian PTK untuk membantu siswa mengatasi kesulitan membaca permulaan dengan penerapan media big book. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas 1B di SD Negeri 2 Sindangkasih sebanyak 13 siswa. Secara umum aktivitas pembelajaran siswa di kelas memperlihatkan dampak positif dan hasil dari observasi aktivitas siswa serta tes penilaian membaca permulaan mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, L., & Kuku, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Tk Al-Wathaniyah Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 19-25. doi: https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.39

Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109-115

Colville‐Hall, S., & O'Connor, B. (2006). Using Big Books: A Standards‐Based Instructional Approach for Foreign Language Teacher Candidates in a PreK–12 Program. Foreign Language Annals, 39(3), 487-506.

Fitriana, F. (2017). PENINGKATAN MINAT MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS IIIB SD NEGERI JAGERAN. BASIC EDUCATION, 6(6), 550-557.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177-184. doi: 10.22146/jpsi.16929

Iskandar, H. (2010). Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Jakarta: PT. ST Book.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana

Risnita, & Oktaviana, W. (2019). ASESMEN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BIGBOOK. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 239-256. doi: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6575

Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.

Suyanto, K. (2015). English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). Pengembangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Wardani, I. (2010). Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-05-20