PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PERSATUAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN ANAK KELAS III SDN MEKAR JAYA 13 DEPOK

Authors

  • Nindi Sekar Ayu Universitas Trilogi
  • Sulistyani Puteri Ramadhani PGSD FKIP Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6942

Abstract

ABSTRAK Based on the problems seen at SDN Mekar Jaya 13 Depok, it is difficult for children to put their ideas, thoughts or ideas and their experiences and knowledge into written form. This study aims to determine the extent to which children can express their ideas, thoughts or ideas and their experiences and knowledge into written form. This study uses the ADDIE research method (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The developed media can be declared feasible and valid based on the results of the average value of the media validator who gets 98% results, 90% language validator, and 98% material validator. The results of writing short stories for students increased from 52 to 80. Keywords: learning media, animation, Develompent ABSTRAK Berdasarkan data penelitian permasalahan yang tampak di SDN Mekar Jaya 13 Depok adalah  anak sulit untuk menuangkan ide, pikiran atau gagasannya dan pengalamannya serta pengetahuannya  ke dalam bentuk tulisan (cerita).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anak dapat menuangkan ide, pikiran atau gagasannya dan pengalamannya serta pengetahuannya  ke dalam bentuk tulisan (cerita).  Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Impelementasi and Evaluation). Media yang dikembangkan dapat dinyatakan layak dan valid berdasarkan dengan hasil nilai rata-rata dari validator media yang mendapatkan hasil 98, validator bahasa 90, dan validator materi 98%. Hasil menulis cerpen siswa mengalami peningkatan nilai score 52 menjadi 81. Kata Kunci: Media Pembelajaran,Video Animasi, pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Rawajatipers.

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.

Tarigan. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2nd ed.). Angkasa.

Jurnal :

M.Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses implementasi kurikulum 2013 (Risman Sikumbang (ed.)).

Maulina, H., Intiana, S. R. H., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmian Profesi Pendidikan, 6(3), 482 – 486.

Primayana, K. H. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1542

Ulfa, S. M., & Qomariyah, U. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Gambar Seri Dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri Sebagai Tokoh Cerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/4003/3635

Widodo, Yoga Rararsto Putra, A. I. N. (2021). Workshop Kiat Menulis Naskah Cerita pada Film Animasi di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan. Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan, 1. http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/IK/article/view/893/269

Yaumi, M. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial.

Downloads

Published

2023-05-20