PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SISWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Gienta Paramitha Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Trilogi
  • Sulistyani Puteri Ramadhani Dosen PGSD Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11069

Keywords:

PPT Interactive Books, Picture Story-Based Books, Students' Interest in Reading

Abstract

This study aims to produce a Student Digital Book Based on Interactive Picture Story Indonesian Material in Grade IV Elementary Schools that is theoretically valid. The research was conducted using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the validation of the developed media are 89% of language experts, 85% of media experts, and 90% of practitioner experts. The results of the value of the student response questionnaire amounted to 85.27%. Field Test ResultsPre Test andPost Test was 85.6%. From the average expert validation scores, student response questionnaires, and field trials Pre Test and Post Test produced, the developed media can be categorized as valid or very feasible to be applied without revision.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ain, F. A. (2011). Patiseri Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Akbar, S. (2019). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anitah. (2020). Media Pembelajaran Interaktif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Halim, D., & Munthe, P. A. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 203-216. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, W. S., Susilo, H., & Setyosari, P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 1469-1474. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10168

Lukens, J. R. (2003). A Critical Handbook of Children's Literature.

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 45(1), 1-15. doi:https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaga Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar: SD/MI. Jakarta: BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ruddamayanti. (2019, Januari 12). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1193-1202. Retrieved from jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/2750

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2016). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saputro, W. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca kelas III Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sarkiyah. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasa Ibtidaiyah Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(4), 137-151. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3305

Sofyan, G. A., & Listiawan, T. (2019). Pengembangan Buku Digital Pada Materi Komunikasi dalam Jaringan Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Perwari Tulungagung. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 55-65. doi:http://dx.doi.org/10.29100/joeict.v3i1.749

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakrta: Ar-Ruzz Media.

Suyanto, & Djihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Presindo.

Tarigan, N. T. (2018, Oktober). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141-152. doi:http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2

Trianto. (2010). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenada Media Group.

Walpole, R. (2014). Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wicaksono, A. A., & Bariska, H. F. (2018). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Timur dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 144-151. doi:https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11786

Wulandari, E. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa SD/MI. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-11-23